85% pasar Smartphone dikuasai Android

pasar-android

Sistem operasi Android besutan Google semakin memperkokh posisi nya dalam pasar global platform ponsel pintar dan semakin menajuhkan diri dari para pesaingnya seperti  Apple iOS, Microsoft Windows Phone, dan BlackBerry.

Berdasarkan data riset dari Strategy Analytics, pengiriman smartphone di kuartal II 2014 mencpai angka 295,2 juta unit. 249.6 juta diantaranya merupakan smartphone berbasis android dan menguasai hampir 85% pasar smartphone global.,

Dari data tersebut memperlihatkan bahwa Android adalah satusatunya platform yang mengalami pertumbuhan jika dibandingkan kuartal yang sama di tahun sebelumnya yang sekitar 80%. Pengguna android yang menyebar diberbagai negara semakin memperkuat posisi andorid sebagai Jawara pasar smartphone.

Lalu ada Apple yang mengirimkan 35.2 juta unit iPhone berbasis iOS. Dengan begitu, Apple hanya menguasai 12% pasar smartphone dunia dan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang penjualan sekitar 13.4%.

Sementara itu. Microsoft dan Windows Phone masing masing hanya mengirimkan 8 juta unit dan 1.9 juta unit smartphone di tahun yang sama. Peminat BlackBerry yang mengalami penurunan membuat Produk Blackberry kalah bersaing dengan smartphone android lainnya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC