Di Negaranya, Penjualan Xiaomi Anjlok 34%

Berdasarkan data riset IDC menunjukan penjualan iPhone mengalami penurunan cukup jauh pada kuartal III 2018 dipasar Tiongkok yaitu sebesar 19,9%. Namun iPhone bukanlah yang terburuk, ada yang jauh lebih buruk performanya yaitu Xiaomi.

Perjalanan Xiaomi di kandangnya sendiri sepertinya tidak semulus di mancanegara. pada 3 bulan terakhir di tahun 2018, data IDC menyebutkan penjualan ponsel Xiaomi anjlok hampir 34,9% dengan jumlah 10.3 juta unit.

Yang menjadi raja pada penjualan ponsel di China adalah Huawei dengan mencatatkan kenaikan penjualan hampir 23,3% dan market share 29%. Diikuti Oppo, Vivo, Apple serta Xiaomi berada di tempat kelima. Dari kelimanya, Huawei menjadi pemenang terbesar di pasar domestik.

Ada beberapa hal yang menyebabkan merosotnya penjualan Xiaomi menurut IDC diantaranya adalah penyesuaian model produk dan masalah internal perusahaan. Namun secara keseluruhan, penjualan ponsel di negeri tirai bambu tersebut tidak menggembirakan IDC mencatat penurunan total unit terjual sebesar 9,7% di kuartal IV 2018.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC