Malware Kembali Menyerang Jutaan Perangkat Android

Bagi para pengguna Android tentu masih ingat dengan Malware yang bernama Hummingbad. Malware ini sempat menghebohkan pengguna android pada tahun 2016 lalu. Diyakini Malware ini dipercaya sudah menginfeksi setidaknya sepuluh juta perangkat Android saat itu.

Walaupun sudah dilenyapkan dari Google play, namun Malware versi terbaru yang bernama HummingWhale kembali muncul dan masuk kedalam dua puluh aplikasi yang sudah di unduh jutaan kali oleh pengguna Google play.

Seperti kutipan dari Check Point via BGR, HummingWhale menjadi lebih canggih dari sebelumnya, sehingga mampu menipu banyak pengguna Android. Seperti diketahui, Check Point merupakan perusahaan keamanan teknologi yang sebelum nya telah mengungkap keberadaan HummingBad pertama kali pada tahun lalu

Malware ini memiliki kinerja bukan mencuri data penting dalam ponesl. Malware ini justru membajak iklan yang ada di aplikasi tersebut. Bukan hanya itu malware ini dapat memasang berbagai aplikasi tipuan tanpa sepengetahuan pengguna dan tanpa membebani perangkat Android.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC