Youtube Akan Hilangkan Tombol Dislike?

Beberapa orang beranggapan jika Youtube Rewind 2018 merupakan video yang gagal. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya jumlah dislike yang didapatkan. Bahkan sampai dengan 4 Februari 2019 jumlah dislike sudah mencapai 15 juta.

Dengan banyaknya jumlah dislike tersebut, Youtube Rewind sudah memecahkan rekor untuk video yang paling banyak tidak disukai setelah video Baby dari Justin Beiber. Hal ini masih menjadi perbincangan dikalangan petinggi Youtube.

Mengutip dari The Verge, Direktur Product Management YouTube Tom Leung, mengatakan dalam sebuah video di kanal Creator Insider jika Youtube saat ini sedang mendiskusikan sebuah eksperimen yang bisa mencegah “bom dislake”. Dalam diskusi tersebut memungkinkan jika nanti akan menghilangkan rating secara default, hanya menghapus jumlah dislike atau cara yang lebih ekstrem yaitu dengan meniadakan tombol dislike.

Lalu kemungkinan lain yaitu ketika seseorang akan menekan tombol dislike , maka akan muncul alasan berupa checkbox mengapa pengguna tidak menyukai video ini. sehingga ini bisa memberi penjelasan kepada kreator informasi mengenai video nya tidak disukai oleh pengguna, “jelas Leung”

Namun Leung sendiri menjelaskan jika hal tersebut terlalu rumit untuk dikembangkan, mengumpulkan data lalu kemudian hasilnya dipublikasikan kepada kreator di tab analytics. Para pengguna yang melihat video Leung tersebut memberikan berbagai macam tanggapan.

Salah satunya datang dari pengguna NPT Music, ia menyarankan agar seseorang yang tidak menyukai video harus melihat sebagian video sebelum akhirnya opsi dislike tersedia.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC