Ternyata Logo Twitter Cuma Rp 40 Ribu

Seiring dengan kepopulerannya, Twitter sang burung biru yang menjadi terkenal logonya pun ikut terbawa dan identik dengan layanan mikroblogging tersebut. Tapi, tahukan anda dibalik kesuksesannya, ternyata logo Twitter cuma 40 Ribu! Ya, logo tersebut dibeli dengan harga USD 4.

Adalah Simon Oxley yang menggambar logo Twitter original alias yang pertama kalinya. Semula, ia membuat desain logo tersbeut untuk situs iStockPhoto yang menawarkan ribuan foto untuk keperluan desain atau proyek lain.

Nah, ketika sang pendiri Twitter sedang mencari logo perusahaan di situs tersebut, jatuhlah pilihan pada karya Oxley. Dan akhirnya logo itu lantas dibeli dengan harga USD 4.

Sayangnya, karena tauran iStockPhoto yang melarang perusahaan menggunakan gambar di situs tersebut sebagai logo, Twitter pun memodifikasinya dan kemudian dikenal dengan logonya yang sekarang.

Harga USD 4 memang tampak kecil. Apalagi mengingat Twitter kemudian tumbuh menjadi salah satu superior social media. Namun dibalik itu semua, ternyata Oxley dikenal dengan sebagai orang yeng rendah hati. Oxley sendiri tak pernah meributkan hal ini, dia tetap berkarya dan rendah hati. Ia mampu hidup bersahaja, meski ia terkenal akan karyanya atas situs mikroblogging ini.

Oxley disebutkan tidak pernah membuat kesepakatan besar. Sikapnya yang rendah hati dan fokus membuat banyak orang terkesan akan dirinya. Banyak orang yang menghormatinya karena dia salah satu orang yang berbakat, namun tidak mementingkan urusan gengsi.

Dibalik itu semua, Oxley tetap mendapat bayaran dalam bentuk lain. Logo tersebut membuat ia semakin terkenal di dunia desain grafis. Hingga sekarang, Oxley masih aktif di situs iStocknPhoto dan menghabiskan hari-harinya untuk membuat logo dan gambar.

Saat ini akun iStockPhoto nya masih ada, dengan username bernama simonox. Ia juga mempunyai sebuah website yang berisi koleksi karya-karyanya, idokongfoo.com. Di websitenya dituliskan bahwa selain ia yang mendesain logo twitter, ia juga mendesain logo bitly fish, octocat for github, turntable.fm mascots, gitune.com dan bahkan istockphoto.com logo.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC