Keliling AS Naik Pesawat Gratis? Cuma Cewek Ini Yang Bisa!

Banyak cara yang dilakukan para traveler demi mencapai tujuannya. Apalagi para backpacker yang selalu punya cara tersendiri untuk pergi ke tempat tujuan seirit mungkin. Diantaranya banyak memanfaatkan kendaraan-kendaraan orang lain untuk ditumpangi.

Menumpang mobil atau truk mungkin sudah biasa bagi anda para backpacker. Namun, Amber Nolan lebih gila lagi, ia keliling AS naik pesawat gratis!

Ide ini memang kedengarannya sangat gila, tapi ternyata ia sukses melakukannya. Amber Nolan, traveler merangkap penulis buku perjalanan ini tengah berkeliling AS dengan menumpang dari pesawat ke pesawat. Dikabarkan bahwa ternyata dengan keliling AS naik pesawat gratis, ia telah mengunjungi 31 negara bagian di negara paman sam tersebut.

Pesawat yang ia tumpangi tentu bukanlah pesawat komersil melainkan pesawat kecil yang bestatus milik pribadi. Bagaimana ia bisa mendapat tumpangan gratis? Ia cukup membuat situs yang merepresentasikan tujuannya, melalui jethiking.com.

Hanya dengan menumpang bisa keliling AS

Di sana ia mengeluarkan idenya mengenai traveling dengan cara menumpang pesawat pribadi rorang lain. Karena menumpang, ia pun tidak menetapkan waktu untuk jalan-jalan keliling AS. Semuanya bersifat fleksibel, disesuaikan dengan jadwal yang diberi oleh sang pilot yang akan memberi tumpangan gratis kepadanya.

Amber pertama kali berhasil menumpang pesawat gratis pada Juli 2012. Menurut Amber, kebanyakan dari pilot pesawat pribadi ini cukup terbuka untuk berbagi kesenangannya terhadap dunia penerbangan, salah satu caranya adalah dengan berbagi melalui tumpangan gratis kepadanya.

Menurutnya, kebanyakan dari pilot yang telah membantu proyek keliling AS gratis ini memiliki visi yang sama, mempunyai jiwa petualang. Maka dari itu mereka mau jadi bagian proyeknya dan mereka dengan senang hati membantunya.

Cara yang ditempuh Amber mempunyai sisi baik dan buruk. Sisi baiknya adalah ia bisa melihat berbagai spot yang tidak biasa, yang tidak orang lain dapatkan pada saat naik pesawat komersil. Ia bisa melihat barisan gedung pencakar langit di New York dengan ketinggian 1.100 kaki. Bahkan, beberapa pilot sangat percaya pada dirinya dan memperbolehkan Amber mengoperasikan pesawat yang ia bawa.

Sisi buruknya adalah, kebanyakan bandara untuk pesawt kecil ini tidak dekat dengan pusat kota. Kebanyakan malah berada di tempat yang tidak umum. Ini akan menyulitkan dirinya jika ia ingin menuju pusat kota, atau mencari tempat untuk menginap.

Kadang, ia menginap bersama keluarga dan kerabat pilot yang membantunya. Kadang juga ia mencari orang yang mau menampunya dari situs couchsurfing.com. Kalau sudah tidak ada pilihan lain, mau tak mau ia harus mengeluarkan uang untuk menginap di hotel.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC