Instagram Sudah Mencapai 400 juta Lebih Pengguna aktif

Belum lama ini Instagram mengumumkan bahwa pihaknya telah mencapai 400 juta pengguna aktif per bulan. Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi layanan jejaring sosial yang fokus pada berbagi foto. Setahun yang lalu, Instagram juga telah mengumumkan telah mencapai 300 juta pengguna aktif per bulan.

Tak hanya itu. layanan foto sharing yang kini dimiliki oleh Facebook ini juga mengungkapkan bahwa 75% penggunanya ternyata berasal dari luar Amerika. Ini agak mengejutkan. 50% lebih pengguna Instagram berasal dari benua Eropa dan Asia. Di Indonesia, layanan instagram termasuk salah satu jejaring sosial paling populer dan banyak digunakan

Terlepas dari pesatnya jumlah pengguna, Instagram juga terus menghadirkan fitur dan filter baru di setiap update-nya. Sebelumnya, Instagram memungkinkan pengguna mengunggah foto dengan aspek rasio aslinya. Pengguna dapat video dan foto tanpa batasan aspek rasio. Instagram kini mengizinkan foto dengan portrait dengan aspek rasio 4:3 dan landscape dengan aspek rasio 16:9.

Tak hanya itu, kini pengguna Instagram dapat mengirim pesan ke lebih dari satu pengguna dengan cara yang lebih mudah, yakni cukup menekan tombol + dan memilih pengguna yang akan dikirimi pesan. Hanya orang yang dipilih saja yang dapat melihat pesan tersebut. Pengguna tidak dapat melakukan tag atau mention pengguna lain melalui pesan atau message.

Salah satu fitur baru dari fasilitas direct message pada Instagram ini adalah hadirnya threaded messaging yang mengumpulkan pesan masuk dan keluar menjadi satu percakapan seperti instant messenger. Pada update kali ini, pengguna Instagram juga dapat berbagi konten secara langsung hanya dengan sekali klik saja.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC