Hal yang harus diperhatikan Saat perjalanan mudik

Merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman dengan berkumpul bersama sanak saudara merupakan salah satu tradisi umat muslim di Indonesia. Namun tak jarang mereka yang akan melakukan perjalanan jauh tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan cermat. Padahal hal ini sangatlah penting untuk kelancaran selama perjalanan menuju kampung halaman.

Pulang kampung adalah perjalanan panjang menembus ribuan jarak demi berkumpul dengan keluarga tercinta. Tak jarang kendala datang silih berganti selama perjalanan tersebut. Tubuh yang fit dan kendaraan yang siap tempur jadi modal utama perjalanan pulang kampung. Namun beberapa hal lain juga wajib dipersiapkan dengan baik agar perjalanan berjalan mulus.

Berikut hal yang perlu diperhatikan selama perjalanan mudik :

  • Periksa kendaraan yang digunakan

Mudik bisa dilakukan dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika mudik dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk mengecek keadaan kendaraan Anda. Lakukan pengecekan ke bengkel terdekat, minimal 2 minggu sebelum mudik. Jangan lupa, pastikan ban serep dalam kondisi yang baik. Dongkrak dan aneka perkakas lainnya jangan sampai terlupa. Bawa oli dan air aki tambahan, untuk jaga-jaga jika kehabisan dan Anda tak bisa menemukan bengkel di sekitar.

  • Jaga kesehatan selama di perjalanan

Jalan yang macet dan panas bisa jadi tantangan tersendiri saat pulang kampung. Terlebih saat masih harus berpuasa, kesabaran harus dilipatgandakan. Jagalah kesehatan selama perjalanan mudik. Cukupkan asupan air dan makanan saat sahur. Usahakan untuk mengkonsumsi vitamin, buah-buahan dan madu saat buka dan sahur.

  • Bawa peta atau GPS

Jalur utama yang sering macet membuat beberapa orang mencari jalur alternatif. Meski jauh atau sedikit memutar dan cenderung rumit, namun jalur ini digemari karena lebih lengang dibanding jalur utama. Jika Anda ingin mencoba jalur baru atau jalur alternatif, jangan lepas dari peta atau GPS. Peta elektronik yang ada di smartphone Anda juga bisa berguna.

  • Selalu sedia camilan dan air putih

Cemilan dan air putih adalah dua hal wajib bawa selama mudik. Camilan bisa jadi penahan lapar saat di jalan dan tidak menemukan warung makan. Usahakan membawa camilan yang tahan lama seperti kacang, cokelat, roti dan sejenisnya. Air putih sangat berguna untuk menjaga kesehatan Anda. Minimalisir konsumsi minuman berwarna atau minuman kalengan karena tidak terlalu sehat. Air putih bisa membantu menormalkan sistem kerja organ di dalam tubuh.

  • Hati-hati membawa uang

Walaupun kerap mengambil uang di ATM, mudik adalah saat dimana Anda terkadang membawa uang cash banyak yang diniatkan sebagai angpao di kampung halaman nanti. Untuk menjaga keamanan uang THR Anda, taruhlah di tempat yang berbeda. Jangan taruh banyak uang di dompet. Pisahkan barang berharga di satu tas kecil dan jangan pernah meninggalkan tas tersebut.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC