Ini Bahayanya Ngecas HP Ditempat Umum

Smartphone sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Sebab segala pekerjaan sudah bisa dilakukan secara mobile. Bukan hanya itu, smartphone juga menjadi penunjang untuk segala aktifitas sehari harinya. Sehingga membuat smartphone tidak pernah lepas dari tangan penggunanya.

Namun yang sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone adalah daya tahan baterai. Tak jarang kini sudah banyak fasilitas umum yang menyediakan tempat pengisian daya secara gratis. namun masih banyak yang belum mengetahui resiko pengisian daya di tempat umum, sebab mereka berfikir mengisi daya di tempat umum akan baik baik saja.

Namun sebetulnya, mengisi daya di tempat umum ternyata sangat tidak dianjurkan sebab file yang ada didalam perangkat bisa terinfeksi. Walaupun hanya mengisi ulang baterai, perangkat dan semua data pengguna sudah terinfeksi, hal tersebut disampaikan oleh Security of Firm Authentics8.

Walaupun tidak dijelaskan berapa besar resikonya. Namun dalam keterangan tersebut dijelaskan bahwa kabel yang biasa digunakan untuk mengisi daya ditempat umum sudah digunakan juga untuk mengirim data, sehingga hal tersebut cukup berbahaya.

Hal tersebut akan mencnagkup semua data yang ada pada perangakt seperti pesan, e-mail, kontak, sampai foto, apapun bisa terinfeksi. jika keamanan data pada smartphone ingin tetap terjaga sebaiknya hindari melakukan pengisian ulang di tempat umum.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC