Cara Cek Harga Laptop Bekas

Jaman sekarang laptop bukan lagi barang mewah. Komputer jinjing ini sekarang tidak lagi barang yang dimiliki kelas atas saja. Bahkan sekarang beberapa sekolah dasar mewajibkan murid-muridnya. Memang laptop punya kelebihan jika dibandikang dengan komputer baik dari sisi harga maupun dari sisi mobilitas. Bentuknya yang simple, mudah dibawa kemana saja. Berbeda dengan komputer desktop yang memerlukan banyak tempat dan perlengkapan.

Akan tetapi laptop juga memiliki kekurangan jika dibandingkan komputer desktop. Kekurangan tersebut adalah komponen dalam laptop. Komponen komputer dekstop dapat dengan mudah di bongkar pasang, sehingga komputer bisa diupgrade sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Karena bentuknya yang ringkas, komponen dalam laptop dibuat menyatu satu sama lain, kecuali baterai dan RAM. Hanya satu komponen yang bisa di upgrade oleh Laptop yaitu RAM-nya saja. Kekurangan yang lain adalah jika umur laptop sudah lebih dari dua tahun, biasanya akan mulai terasa “lemot” mau tak harus ganti yang baru.

Nah masalahnya untuk menjual laptop pasti tidak semua orang punya kisaran harga yang tepat. Beikut ini akan saya pandu bagaimana cara cek harga laptop bekas.

1. Umur Laptop

Umur laptop sangat menentukan harga jual bekas. Bahkan laptop yang baru saja bila dijual langsung harganya pasti langsung terjun bebas. Untuk laptop yang memiliki masa pakai kurang dari 1 tahun, biasanya harga bekasnya berkisaran selisih Rp 500.000 – Rp 1.000.000. Selama kondisinya masih normal dan tidak ada masalah mengganggu, nilai jual bekasnya pasti tidak terlalu jauh. Jika sudah berada di atas dari 1 tahun, pastinya harga bekasnya selisih Rp 1.000.000 keatas.

2. Kondisi Kerusakan

Kondisi kerusakan juga mempengaruhi nilai jual kembali laptop. Jika kerusakannya fatal seperti di LCD ataupun di motherboard yang tidak berfungsi paling mahal nilai jualnya tidak sampai RP 1.000.000. Akan tetapi jika kerusakannya jika hanya sebatas penggantian komponen (mesin laptop normal) biasanya akan turun lagi maksimal Rp 500.000 setiap komponen yang mengalami kerusakan.

Selama umur laptop dibawah 2 tahun, selisih harga jual kembalinya maksimal adalah Rp 1.500.000. Dengan asumsi kondisi komponen semua normal. Selisih tersebut bisa semakin bertambah jika umur laptop semakin tua dan terdapat komponen yang bermasalah. Untuk perbandingan carilah harga laptop sejenis di forum atau website jual beli bekas untuk perbandingan.

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?