Tips Menemukan BIsnis Online Sesuai Passion Anda

Bisnis online kini sedang booming. Dan inilah kesempatan bagi Anda untuk terjun di dalamnya, baik dengan membangun sendiri atau membeli sebuah bisnis online.

Membeli mungkin cara yang paling mudah. Namun sebenarnya sama sulitnya. Artinya, meski Anda tidak terlibat saat bisnis dibuat untuk pertama kalinya, Anda tetap dihadapkan pada tantangan yang sama, yaitu membangun dan mengembangkannya menjadi lebih maju.

Saat membeli sebuah bisnis online, semuanya bergantung pengalaman dan kemampuan untuk menjalankannya. Jadi akan menjadi sebuah tantangan, karena Anda harus tahu di mana mencarinya.

Berikut adalah empat cara yang bisa jadi patokan untuk membeli sebuah bisnis online, seperti dikutip dari Enterpreneur, Selasa 15 September 2015.

1. Membeli secara langsung

Jika sudah tahu bisnis online yang diinginkan, Anda bisa mencarinya sendiri secara langsung tanpa broker atau perantara. Tentu saja Anda harus pergi ke pasar yang tepat untuk melakukan riset tentang bisnis online yang diincar. Selain itu Anda juga harus menyiapkan rencana dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis online yang akan dibeli.

Anda mungkin bisa memanfaatkan tool semacam Alexa dan Ahrefs untuk menganalisis trafik dan backlink dari bisnis online incaran. Melakukan uji kelayakan pada tahap ini sangat penting karena jika Anda melihat tren lainnya, Anda bisa memperluas pencarian dan menemukan bisnis online yang mungkin lebih menarik.

Untuk mendapatkan informasi tentang pemilik bisnis online tersebut, Anda bisa gunakan pencarian di Google atau Whois.

2. Mengunjungi pasar online

Di internet terdapat banyak pasar bisnis online yang menjadi tempat pembeli dan penjual berinteraksi. Di tempat inilah para calon pemilik bisnis online berbelanja dan melakukan pencarian mereka.

Pembeli dapat melihat berbagai listing yang tersedia di industri yang mereka pilih untuk menemukan peluang yang paling layak. Pembeli juga dapat meminta informasi tambahan mengenai daftar bisnis online, sehingga penjual akan tahu bahwa ada pembeli potensial yang tertarik pada penawarannya.

Namun ingat, antara satu pasar dengan yang lainnya tidak selalu memiliki kredibilitas yang sama. Meski lebih mudah menemukan bisnis yang diinginkan dengan menggunakan pasar bisnis online, tetapi Anda masih dituntut menggunakan penilaian terbaik dalam menemukan situs yang masuk akal.

3. Mengunjungi situs lelang

Situs lelang hampir sama dengan pasar bisnis online, namun di sini pembeli bisa menawar kepada penjual. Dengan sistem ini, pembeli memiliki kesempatan mendapatkan bisnis online dengan harga yang murah. Di sisi penjual, mereka bisa menarik lebih banyak pembeli dan menawarkan bisnis online sehingga berpeluang mendapatkan banyak uang.

Banyaknya daftar bisnis yang ada di situs lelang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pembeli. Namun, Anda harus menyadari bahwa bisnis di situs lelang belum tentu legal secara hukum. Oleh karena itu, pembeli dianggap sudah tahu risikonya, karena tidak ada data verifikasi operasional dan pendapatan, dan selalu ada kemungkinan bahwa beberapa listing adalah bodong. Intinya, membeli bisnis melalui situs lelang harus dilakukan dengan hati-hati.

4. Memanfaatkan situs broker

Situs broker biasanya lebih berpengalaman dalam urusan jual-beli bisnis online. Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian, alat dan jaringan yang luas untuk menjalankan bisnis tersebut. Daftar broker biasanya sudah melakukan penilaian menurut standar mereka, dan mereka secara khusus mencari yang situs yang legal secara hukum dengan pendapatan yang stabil. Pokoknya, semua hal yang harus dicari oleh seorang pembeli.

Situs broker membuat proses pembelian lebih mudah. Dengan mengandalkan pengalaman mereka, situs broker akan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul dan memberikan saran serta bimbingan ketika akan melalui proses pengalihan.

Jangan khawatir tertipu saat membeli bisnis online melalui broker. Karena mereka hanya akan dibayar ketika pembelian berjalan dengan sukses. Hal itu karena broker memiliki kepentingan dalam mengawasi kesepakatan dari awal sampai akhir. Inilah alasan mereka sangat menjaga komitmen saat menyeleksi listing berkualitas tinggi.

Namun, sebagai pembeli, Anda masih perlu waspada, karena broker bisnis online merupakan industri yang relatif baru. Fokus dalam membangun hubungan dengan broker, karena dengan cara inilah Anda akan menemukan yang terbaik dari situs broker.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC