Tinker Board, Komputer Mini Dari Asus

Komputer mini bukan lah barang baru dalam industri teknologi saat ini. Sebelumnya sudah ada komputer mini yang beredar dipasaran yaitu Raspberry Pi, yang merupakan komputer mini pertama yang muncul. Raspberry Pi merupakan produk dari Raspberry Pi Foundation yang kini sudah dikenal sebagi produsen komputer mini ternama.

Namun belum lama ini, Asus meluncurkan pesaing dari Raspberry Pi Foundation dengan merilis komputer mini. Perusahaan asal Taiwan tersebut sudah memperkenalkan produk komputer mini yang diberinama Tinker Board.

Komputer mini besutan Asus memiliki ukuran yang sama dengan Raspberry Pi. Namun komputer mini Asus memiliki kemampuan lebih baik karena sudah dilengkapi dengan pemutar video 4k dan audio 24 Bit. Tinker board memiliki RAM 2GB, gigabait Ehternet dan SDIO generasi terbaru.

Sehingga Asus memasarkan produk ini dengan harga yang lebih mahal dari Raspberry Pi yaitu sebesar 68 USD atau setara dengan Rp 800 ribuan. Tinker Board juga sudah dilengkapi dengan port Micro SD, Wifi dan Bluetooth 4.0 bukan hanya itu Asus juga membekali Tinker Board dengan port USB 2.0, output HDMI, dan 40-pin header untuk opsi perluasan.

Walaupun memiliki spek yang lebih unggul, namun sebagian pihak masih banyak yang meragukan produk ini sebab masih sedikit software yang bisa mendukung penggunaan perangkat ini. Tinker Board baru mendukung Debian Linux dan aplikasi Kodi Media Center.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC