Teknologi Baru Pengganti Paspor Siap dikembangkan

Belum lama ini Australia memiliki rencanan untuk menggantikan paspor dengan teknologi pemindai. Paspor sendiri merupakan hal yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun tak jarang banyak orang yang lupa dalam membawa paspor, tentu teknologi ini menjadi cocok untuk mereka yang sering lupa.

Dikutip dari SMH, Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia akan segera meluncurkan sistem Biometrik wajah, Iris, atau sidik jari. Dipintu kedatangan internasional. Nantinya para pengunjung tidak harus berjumpa lagi dengan petugas dibandara seperti biasanya, nantinya para orang yang datang akan menemukan alat sensor yang bisa mendeteksi bagian tubuh seperti wajah dan sidik jari.

Dilansir Digital Trends, teknologi ini adalah bagian dari inisiatif Seamless Traveler yang dibuat oleh pemerintah Australia untuk mengubah pengalaman wisatawan dan juga memangkas waktu pemeriksaan paspor dan para penumpang yang datang.

Bukan hanya akan memudahkan wisatawan, hal ini juga akan membuat kedatangan dibandara akan lebih efisien. Selain itu, sistem ini juga dipercaya bisa melalukan identifikasi lebih baik dibandingkan dengan menggunaka paspor.

teknologi ini nantinya akan dipasang di Bandara Canberra pada bulan Juli sebelum dipasang di bandara yang padat pengguna seperti Sydney dan Melbourne. Dan akan mulai diterapkan di beberapa bandara internasional setelah proses uji coba selesai.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC