SONY XPERIA Z ULTRA, Monster Baru di Dunia Smartphone

Samsung, LG, Huawei dan beberapa produsen smartphone dunia memiliki wakil smartphone raksasa masing-masing. Lalu bagaimana dengan Sony yang belum mempunyai produk khas? Mereka menjawabnya dengan melepas sebuah ‘monster’ dengan dapur pacu Snapdragon 800. Sony Xperia z ultra namanya.

Terkenal dengan sebutan Togari Maki (awalnya dikenal dengan code name L4) ini pertama kali tersiar pada akhir Mei lalu melalui foto-foto yang ternyata leaked. Rumor menunjukan bahwa sony tidak tanggung-tanggung memilih ukuran layar, yakni 6.44″ dengan resolusi Full HD. Sangat tidak biasa karena rivalnya hanya menggunakan layar antara 6.1 atau 6.3 inchi.

Ditambah dengan pemilihan chipset mobile paling advance saat ini, Snapdragon 800, jelas-jelas membuatnya menjadi diatas angin dibanding dengan Galaxy Note III yang belakangan juga heboh di dunia maya.

Desain ZU menganut bahasa desain ala Tablet Z dan Xperia Z dengan sisi-sisi yang tegas dan profil super tipis. Layar phablet ini berukuran 6.44″ dengan resolusi HD 1080p.Ukuran kerapatannya 344 ppi, dengan lapisan layar yang anti gores.

Sony juga memperkenalkan teknologi Triluminous untuk android monster mereka ini. Teknologi itu diklaim menghasilkan kualitas warna yang lebih kaya dengan palet warna yang lebih luas. Belum lagi tambahan teknologi OpciContrast dan X-Reality Engine membuatnya semakin jernih tanpa noise.

Selevel dengan Galaxy S4 LTE-Advanced, produk besutan sony menggunakan Chipset Snapdragon 800. Menggunakan prosesor empat inti Krait 400, masing-masing intinya bisa dipacu hingga kecepatan 2.2GHZ, dan dibangun melalui teknologi semikonduktor baru, yakni 28 nm HPm (high performance mobile).

Snapdragon 800 ini pun menjadi yang pertama mengaplikasikan teknologi tersebut, yang memiliki keunggulan prosesor berkecepatan tinggi, namun tetap minim kebutuhan daya baterainya. Prosesor dengan CPU cache 2 MB tersebut juga dilenglapi GPU Adreno 330 dengan kecepatan 450 MHz, RAM LPDDR3 2GB dengan kecepatan 800 MHz serta bandwitdh 12.8 GB/s, serta internal storage 16 GB (plus micro SD). Beberapa fitur lain Snapdragon 800 seperti opsi mengambil video dan playback content 4k UHD (3840 × 2160-pixel, dan tentu saja bergantung jenis kameranya), mendukung kamera hingga 55-megapixel, Stereoscopic 3D yang didukung dengan Dual ISP, Bluetooth 4.0, serta WiFi 802.11n/ac (2.4/5 GHz).

Sayangnya, phablet yang langsung menjalankan Android 4.2.2 ini masih menggunakan kamera 8-megapixel, di saat kompetitor lain mulai beranjak ke 13-megapixel. Sony sendiri menyisipkan sensor Exmor-RS yang mulai dipopulerkan melalui Xperia Z. Memang sensor tersebut diklaim mampu merekam video full HD 1080p dan mendukung mode pengambilan HDR baik untuk foto dan video, yang pasti sangat berguna di kondisi ruangan minim cahaya. Hanya saja, tidak ada flash LED di sana! Kamera sekundernya sendiri 2-megapixel.

Yang lebih asyik, ZU ini bisa kalian ajak berenang karena dengan teknologi IP58, casing anti airnya mampu membuat ZU menyelam lebih dari 1 meter. Untuk mebawa handphone ini kerumah, kalian harus bersabar karena rencananya gadget raksasa ini akan dijual mulai kuartal ketiga dengan perkiraan harga sekitar Rp. 9jutaan. Tersedia 3 pilihan warna, yakni putih, hitam dan ungu.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC