Smartphone Teraman di Dunia Buatan Rusia

Keamanan dalam smartphone memang menjadi salah satu fitur utama yang menarik minat para pengguna. Sudah banyak smartphone yang memiliki teknologi keamanan canggih. Salah satu smartphone terbaru yang memiliki keamanan tercanggih adalah Taiga. Smartphone ini besutan produsen asal Rusia,InfoWatch. Diklaim smartphone ini paling aman di dunia.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan InfoWatch, Smartphone Taiga dirancang sebagai smartphone yang bisa membatasi aplikasi untuk mengakses data pribadi penggunanya. Bukan Cuma data, dokumen pribadi seperti email, foto, lokasi dan lainnya tidak akan diakes sama sekali. Namun aplikasi seperti Gmail bisa digunakan. Namun mereka tidak bisa menyimpan atau melaporkan data dari pengguna.

Smartphone yang memiliki keamanan canggih ini dibuat  hanya untuk segmen tertentu dan tidak dijual bebas untuk sekarang ini. Namu perusahaan mengatakan jika sudah ada 50.000 unit smartphone yang akan dilepas khusus untuk pegawai pemerintahan Rusia.

Seperti dilansir Mashable via Bloomberg, Rabu (27/9/2017), Smartphone Taiga dioperasikan dengan Sistem operasi Android. Namun bedanya tampilan interface smartphone ini ditanami firmware besutan InfoWatch. Sayang, InfoWatch tidak mengungkap spesifikasi lebih mendalam terkait smartphone ini dan hanya mengatakan smartphone ini akan mengusung layar 5 inci.

Taiga memiliki kemampuan untuk mengontrol informasi yang akan masuk via perangkat. Dengan sistem keamanan berbasis firmware Taiga System, smartphone ini bisa membatasi segala jenis informasi akses yang muncul didalamnya.

Smartphone Taiga diambil dari nama hutan salju di daerah Siberia dan Kanada. Ada yang menyebut, smartphone ini merupakan ‘perlawanan’ dari Rusia untuk Amerika Serikat (AS).

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC