Ponsel Berkamera 41 MP dari Nokia Resmi Dirilis

Nokia baru saja meresmikan kehadiran Lumia 1020, smartphone berbasis Windows Phone yang dibekali kamera berkekuatan Ultra. Bagaimana tidak, resolusi kamera dari Lumia 1020 mencapai 41 megapixel, semakin jauh meninggalkan smartphone besutan para pesaingnya.

Tersedia dalam piliha warna kuning, putih dan hitam, Nokia mengklaim bahwa foto hasil jepretan super phone besutan mereka sangat detail. Lumia 1020 mengusung teknologi kamera PureView yang sebelumnya dimiliki saudaranya, Nokia 808.

Namun, Nokia 808 yang keluar tahun 2012 lalu masih menggunakan OS Symbian yang sudah ditinggalkan Nokia sehingga krang populer. Kini dengan OS Windows Phone, Nokia percaya bahwa Lumia 1020 akan menuai minat para pemburu smartphone di seluruh dunia.

Sensor 41 megapixel yang ada di Lumia 1020 ini memiliki optik Carl Zeiss dan optical image stabilization yang diklaim mampu menghadirkan foto-foto berkualitas tinggi, gambar yang tajam meski kondisi cahaya sangat rendah,

Termasuk juga teknologi untuk merekam video anti blur dengan suara stereo meski dalam lingkungan yang berisik, semua itu berkat teknologi Nokia Rich Recording yang turut disematkan pada camera-phone ini.

Menurut CEO Nokia, Stephen Elop bahwa Nokia 1020 nantinya akan memberitakan arti baru bagi dunia fotografi, serta dipercaya akan melanjutkan kekuatan kepemimpinan Nokia di dalam hal imaging. Memang, sejak dulu Nokia terkenal akan inovasinya melemparkan produk handphone dengan kualitas kamera super terlebih dahulu. Namun sayang semenjak gempuran smartphone berbasis android, nokia mau tak mau harus kehilangan para pecintanya yang beralih menjadi pecinta handphone berOS yang basisnya Linux itu.

Meskipun begitu Nokia tetap percaya akan produknya ini. Mereka berharap dengan keluarnya produk super phone yang inovatif ini, Nokia bisa kembali merajai pangsa pasar produk handphone seperti dulu kala.

Nokia Lumia 1020 akan tersedia pertama kali di Amerika Serikat pada 26 Juli dengan harga USD 299,99 berjalan dengan kontrak operator selama dua tahun. Kemudian direncanakan akan menyambangi negara-negara lainnya dalam waktu dekat. Semoga saja Indonesia kebagian jatah ya!

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC