NOKIA EOS siap menjadi Windows phone yang paling kuat

11 Juli 2013. Dunia bersiaplah untuk takjub akan kehebatan NOKIA EOS, produk smartphone besutan Nokia yang digadang-gadangkan akan menjadi seri Windows phone terbaik saat ini. Produk yang akan berjalan pada sistem operasi Windows Phone 8 ini akan diluncurkan pada event tunggal Nokia, yaitu #ZoomParty di Time Square, Ney York, Amerika Serikat.

Pertama kali kabar tentang EOS ini muncul kepermukaan pada pertengahan April yang lalu. Dikabarkan bahwa NOKIA EOS atau yang saat ini dikabarkan akan memiliki nama Lumia 1020 ini bakal menjadi suksesor dari seri 808 Pureview. Awalnya banyak yang memprediksi bahwa Noklia tidak akan mengeluarkan lagi seri fotografi seperti 808 Pureview, namun ternyata mereka siap meluncurkan Nokia EOS ini dengan kualitas kamera yang tidak tanggung-tanggung, 41-megapixel dengan flash jenis Xenon. Dengan kombinasi optical image stabilization (OIS), kamera dari Nokia EOS ini dikabarkan tetap bisa mengambil fotodengan kualitas prima meski keadaan cahaya yang minim.

Materi casing dari Nokia EOS ini akan menggunakan polycarbonate dengan konsep unibody. Menggunakan layar AMOLED 4.5-inch dan resolusi WXGA (768×1280-pixel) membuat handphone fotografi ini terkesan bongsor, bahkan akibat dari kualitas kameranya yang super membuat bagian lensa pada handphone ini menjadi menonjol, seperti kamera profesional pada umumnya.

Nokia sendiri dikabarkan menyuntikan aplikasi Pro Camera. Aplikasi ini cocok buat kalian yang suka fotografi ala profesional, dengan pengaturan memilih ISO secara manual, white balance, focus, kecepatan shutter serta settingan flash yang bisa diatur sesuai kemauan kalian sendiri.

Handphone ini akan memiliki tinggat konfigurasi yang sangat tinggi, mempunyai RAM sebesar 2 GB memungkinkan kalian bisa mengoprek berbagai macam aplikasi tanpa takut smartphone ini menjadi hang. Internal stroragenya pun cukup luas, 32 GB, namun sayangnya tidak bisa diekspansi lagi karena tidak tersedia fasilitas slot kartu memori eksternal. Wajar sih karena Nokia EOS ini mengambil konsep unibody.

Melalui event #ZoomParty dikabarkan bahwa Nokia akan memasarkan produk spesialnya ini dengan harga sekitar US $600. Untuk varian warna handphone juga cukup menarik, tersedia tiga pilihan warna, kuning putih dan hitam. Dikabarkan Nokia juga siap memasarkan aksesori tambahan guna melengkapi produk fotografi ini, sebuah tripod protabel adalah salah satunya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC