Peneliti Berhasil Ciptakan Print Untuk Kulit Manusia

Peneliti dari Universidad Carlos III de Madrid (UC3M), CIEMAT (Center for Energy, Environmental, and Technological Research), dan Rumah Sakit Umum Universitas Gregorio Maranon. Bekerja sama untuk membuat Prototipe yang bisa berfungsi untuk membuat kulit manusia. Kulit tersebut nantinya akan digunakan untuk para pasien yang membutuhkan seperti pasien yang sedang menjalani transplantasi.

Peneliti tersebut mengungkapkan, sangat mungkin untuk bisa membuat kulit manusia. Seperti dikutip dari salah seorang penulis Jose Luis Jorcano yang juga sebagai Profesor di UC3M mengatakan bahwa, ini bisa digunakan untuk proses transplantasi untuk pasien yang sedang menjalani.

Selain itu, ini juga bisa di lakukan dalam pengujian produk kosmpetik hingga produk farmasi. Ini baru pertama kali, organ manusia mampu diciptakan dalam bentuk bioprinting dan dikenalkan ke publik. Printing kulit ini seperti Replika dari struktur kulit alami. Bioprinting ini akan mengambil permukaan kulit paling luar yaitu epidermis stratum koreum, yang berfungsi untuk melindungi.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC