Aksesoris Smartphone Yang Bisa Menganalisis DNA

Peneliti dari University of California, Los Angeles dan Stockholm University menyatakan telah membuat Mikroskop yang berbasis kamera Smartphone. Kamera tersebut diklaim bisa mendeteksi DNA. Proyek pembuatan kamera ini bisa membantu di bidang kedokteran. Dokter bisa melakukan analisa Molekuler seperti tumor. Dan akan membantu untuk tempat tempat yang tidak mempunyai laboratorium medis lengkap layaknya rumah sakit atau fasilitas kesehatan lengkap lainnya.

Dengan aksesoris ini memungkinkan para dokter bisa melakukan diagnosis kanker dimanapun. Para peneliti tersebut sudah menerbitkan hasil temuannya ini di Jurnal Nature Communications. Teknologi ini memiliki dampak yang positif di bidang Telemedis yang kini sudah semakin berkembang.

Saat ini Diagnostik Molekuler masih menjadi kebutuhan yang belum sepenuhnya terpenuhi karena keterbatasan sumber daya.

Aksesoris ini dirancang dengan menggunakan 3D Printer ini bisa mengubah smartphone standar. Dengan teknologi ini, mampu di terapkan diberbagai macam smartphone. Cara kerjanya dengan mengubah kamera biasa menjadi mikroskop sehingga akan memungkinkan untuk melakukan analisa dan pencitraan urutan DNA.

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC