Pendapatan Facebook Masih Mengandalkan Iklan Online

Facebook saat ini lebih mengincar pasar iklan online. Walaupun pesaingnya yaitu Google yang sudah mendapatkan landasan baru untuk menambahkan penghasilan yaitu menyasar hardware dan software. Namun Facebook masih fokus untuk menggarap sektor pasar iklan online.

Baru baru ini facebook merilis data yang menyebutkan bahwa 98% pendaatan facebook masih berasal dari iklan, hasil tersebut mengalami kenaikan 97% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan 84% di tahun 2012. Pendapatan dari non iklan mengalami penurunan menjadi 175 juta dollar AS,  lalu ditahun sebelumnya sekitar 181 juta dollar AS.

Facebook memang sudah mendapatkan peringatan bahwa akan turunnya pendapatan non iklan . dan ini hampir semunya merupakan player video game pada komputer dekstop yang terpangkas akibat migrasi game dari desktop ke smartphone.

Facebook seakan sudah ketergantungan pendapatan dari iklan, tentu ini menjadi keprihatinan sebab sudah seharusnya aplikasi besutan Mark Zukenberg ini mencari sumber pendapatan lain selain bisnis iklan. Tentu facebook memerlukan inovasi baru untuk bisa mendatangkan pendapatan tidak hanya dari iklan

Hal ini berbeda terbalik dengan pesaingnya, yang dimana pemasukan google dari non iklan seperti layanan awan dan ponsel pintar Pixel, mencatat kenaikan 49,4%menjadi 3,1 miliar dolar AS. dan tentu facebook harus mencontoh apa yang dilakukan oleh google.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC