Orang Ini Mampu Buktikan Steam Berjalan di PS4

Sebagai salah satu kemampuan lain dari PC (personal Computer) adalah kemampuannya mengemulasi atau memainkan game game yang tadinya khusus tersedia di konsol untuk dapat dimainkan di PC dengan berkat bantuan program emulator. Tetapi bagaimana dengan sebaliknya apakah konsol dapat memainkan game game PC? Ternyata hal ini dapat terjadi. Salah seorang modder dan seorang Youtuber yang bernama OsisrisX nyatanya mampu mengembangkan sebuah custom homebrew atau yang biasa disebut dengan software khusus sehingga PlayStation 4 mampu menjalankan menjalankan game game dari Steam yang memang dirancang khusus untuk PC.

PS 4 mampu menjalankan sistem linux 

Dari lansiran halaman website teknologi Engadget, custom homebrew ini sendiri yang dikembangkan oleh OsisrisX adalah kombinasi dari berbagai macam software jailbreak yang dikembangkan dari Arch Linux sehingga PlayStation 4 mampu berjalan pada sistem operasi linux disertai dengan berbagai macam library tambahan dari FailOverflow. Jika ditilik dari segi teori sendiri jika PS4 saja mampu menjalankan sistem operasi Linux maka bukan tidak mungkin Steam bisa dijalankan juga pada konsol PS4 ini karena saat ini Steam sendiri sudah memiliki sistem operasi Linux.

Hardware Sony sendiri pada saat dirilis sudah menggunakan prosesor x86 dari AMD sehingga konsol ini secara arsitektur sudah sangat mirip dengan PC jadi jika saja PlayStation 4 sudah mampu menjalankan Linux, bukan tidak mungkin dapat menjalankan juga sistem operasi Steam dari Linux ini sendiri. Jika anda berminat untuk memakai custom homebrew ini sendiri anda wajib berada pada firmware 1.76 ke bawah, yang memastikan anda harus downgrade karena saat ini firmware PS4 sudah berada di versi 3.50.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC