Mengenal Evolusi IOS Dari Masa Ke Masa

Apple baru meluncurkan operating system terbarunya, yakni iOS 7. Pada operating system ini, Apple menambahkan fitur-fitur baru dan tentunya dengan tampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Nah jika kamu adalah seorang Apple user, maka kamu harus tahu nih bagaimana perkembangan iOS dari masa ke masa. Yuk kita lihat.

  • iPhone OS

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, iOS generasi pertama ini bernama Iphone OS. Kehadiran iPhone pertama kali ini, dianggap sebagai pioneer revolusi smartphone baru tanpa tombol fisik. iPhone OS terlihat simpel dan mudah dioperasikan dengan jari.

  • iPhone OS 2.0

Pada operating system ini, pengguna Apple telah dapat menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Versi yang dirilis pada Juli 2008 ini juga memperkenalkan App Store dan sudah mendukung 3G.

  • iPhone OS 3.0

Generasi penerus iPhone OS 2.0 adalah iPhone OS 3.0. Pada versi ini, Apple lebih berpusat kepada peningkatan kualitas iPhone. Terbukti pada generasi ke -3 ini, iPhone sudah support copy, cut, paste, MMS, landscape keyboard, dsb.

  • iOS 4

April 2010, iOS dikeluarkan masih dalam versi beta. Akhirnya pada bulan November 2010 dirilis versi iOS 4.2 yang memperkenalkan fitur Airplay dan Airprint. Kemudian pada Maret 2011, iOS 4.3 hadir dengan memberikan perbaikan kinerja pada personal hotspot.

  • iOS 5

Pada generasi ini, iOS 5 dianggap sebagai operating sistem yang tidak terikat oleh PC. Dibekali oleh fitur iCloud yang dapat mengupdate email maupun kontak. Selain itu iOS 5 hadir dengan 200 fitur baru seperti iMessage, notification centre, dan sebagainya.

  • iOS 6

Pada September 2012, Apple merilis iOS 6 yang kembali menawarkan 200 fitur baru. Walau mengalami peningkatan performa dan fitur, iOS versi ini memiliki masalah pada aplikasi Maps yang diprotes karena kekurang akuratannya. Pada versi ini juga, iOS sudah support jaringan LTE.

  • iOS 7

Banyak fitur baru yang ditawarkan serta perubahan tampilan yang signifikan pada versi ini. Selain itu iOS 7 mengalami peningkatan dari segi aplikasi yang berjalan di background, multitasking yang lebih cerdas, serta ketersediaan suara laki-laki pada SIRI.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC