Akses Selular Apple Watch 3 Diblokir Pemerintah Tiongkok

 

Pada bulan September kemarin, perusahaan Apple telah meluncurkan sejumlah produk terbarunya, diantaranya iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Namun ada satu peluncuran dari Apple yang luput dari media, yakni Apple Watch Series 3.

Pada Apple Watch Series 3 ini banyak sekali membawa perubahan dari sebelumnya, terutama pada konektivitas selular. Fitur yang diusungnya tersebut dapat digunakan oleh pengguna dalam mengoperasikan smartwatch ini tanpa terhubung dengan iPhone yang ada didekatnya.

Dengan tambahan fitur tersebut, pengguna smartwatch dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, menerima pesan, dan mengakses internet. Smartwatch Apple Watch Series 3 ini telah dijual mulai pada 22 September secara menyeluruh, termasuk di Tiongkok.

Sedangkan pada sejumlah pengguna juga bisa menggunakan layanan yang telah ditawarkan pada Apple Watch Series 3, yang mana pengguna harus terhubung terlebih dahulu kepada jaringan selular China Unicom. Akan tetapi hanya beberapa hari usai penjualan dilakukan, pada tanggal 28 September operator seluler di China tersebut tiba-tiba menutup konektivitas wireless kepada pengguna smartwatch tersebut.

Hal tersebut dilakukan oleh Gizmochina, bahwasannya negara Tiongkok mempunyai tiga operator wireless, yang mana ketiga operator tersebut dikontrol oleh pemerintah dengan memonitor pengguna jaringan. Kemudian alasan yang diungkapkan ialah pemerintah tidak dapat memonitor warganya yang tengah menggunakan Apple Watch Series 3 itu.

Smartwatch tersebut menggunakan eSIM yang merupakan kartu SIM dengan ukuran mikro. Pada dasarnya SIM tersebut telah tertanam pada perangkat dan pengguna dapat memilih operator sendiri sesuai dengan keinginan mereka. Pada saat itulah pemerintah merasa kesulitas dalam memonitor pengguna dalam menggunakan smartwatch tersebut.

Pada sebelumnya, China Unicom juga telah menjelaskan di situsnya pada saat menjual smartwatch tersebut, yang mana konektivitas selular yang ditawarkan Apple Watch Series 3 masih dalam percobaan. Kini Apple juga telah merespon hal tersebut dengan membuat sebuah pernyataan bahwa layanan selular pada Apple Watch Series 3 telah di tangguhkan oleh China Unicom. Kemudian juga belum muncul konektivitas tersebut akan diaktifkan kembali.

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?