Waw, Ada 36.5 Juta Perangkat Android Yang Terkena Malware Judy

Perangkat android memang cukup rentan terkena virus apalagi bagi mereka yang cukup jorok menggunakan android dengan tidak menginstall antivirus di perangkat mereka. penyebaran Malware di android memang cukup cepat sehingga pengguna perlu sigap dalam mengatasi malware di Android. Belum lama ini Firma keamanan Checkpoint mengatakan dalam laporannya ada sekitar 36.5 juta perangkat android yang terinfeksi malware bernama Judy.

Dari laporan tersebut yang diterbitkan pada (29/5/2017), ada sekitar 41 aplikasi besutan developer asal Korea bernama Kiniwini yang di terbitkan oleh  Enistudio Corp. disinyalir, aplikasi tersebut sudah menginfeksi jutaan perangkat Android palsu dan mendapatkan keuntungan dari klik palsu pada iklan.

Checkpoint menyebutkan dalam laporannya, jika ini merupakan penyebaran malware terbesar yang pernah terjadi di Google Playstore. Karena adanya laporan tersebut, Google langsung menghapus aplikasi yang bersangkutan dari Playstore.

Walau demikian, malware berbahaya ini sudah menyebar dan di unduh oleh pengguna sekitar 4,5 juta kali hingga 18.5 juta kali. Bahkan beberapa aplikasi sudah ada di playstore sejak lama dan beberapa kali melakukan pembaruan.

Dari 41 aplikasi tersebut, ada malware didalam game yang berjudul “Judy” yang diambil dari nama malware tersebut. Ketika mengunduh dan menginstal game ini di smartphone atau tablet, secara otomatis aplikasi tersebut akan mengunduh malware dan datanya dari server non-Google.

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC