Wah, Google menjual Galaxy S4 dan HTC One “Versi Nexus”

Selama Google I/O 2013 yang dilaksakan pertengahan mei lalu, Google mengumumkan kerjasamanya dengan samsung melalui sebuah projek android open source alias Galaxy S4 ASOP. Maksudnya adalah kalian bisa mendapatkan Galaxy S4 edisi Google yang harganya lebih murah.

Tidak mau ketinggalan, HTC juga mengikuti proyek kerja samanya dengan Google. Mirip dengan Galaxy S4, tersedia HTC One dengan stock ROM basic yang mebuat harga HTC One ini juga menjadi lebih murah.

Kok bisa murah? Ternyata Google menghapus fitur-fitur bawaan dari dua vendor tersebut. Yang kalian dapatkan hanyalah OS stock Android polos. Kelebihan dari OS ini adalah penggunaannya yang sangat ringan, stabil serta update yang sangat cepat. Galaxy S4 edisi Google ini mengjilangkan interface bawaan seperti TouchWiz yang menjadi kebanggaan Samsung. Fitur-fitur lainnya juga ikutan menghilang, kalian akan mendapati bahwa fitur-fitur canggih seperti Air View, Air Gestures, IR remote, mode layar RGB, multi window hingga fitur kameranya yang keren akan hilang dari sistem. Galaxy S4 AOSP masih menjalankan Android 4.2.2, namun jangan kuatir karena google sedang menyiapkan versi 4.3 yang bisa kalian update sendiri.

Sementara HTC One harus rela kehilangan antar muka Sense 5.0. Kamu masih mendapatkan chopset baru dari Qualcomm, yaitu tipe APQ8064T yang mengadopsi prosesor keluarga Snapdragon 600. yerdiri dari empat inti prosesor berkode Krait 300, dengan kecepatan standar 1.7 GHZ, GPU Andreno 320 serta RAM 32 GB. Untuk internal stroragenya mentok di 32 GB dan hanya tersedia dengan warna silver berbalut casing alunminium yang berkelas.

Harga dari galaxy S4 edisi google ini adalah $649, sementara HTC One versi google ini dibandrol denganharga $599. Hal ini lebih murah ketimbang harga resminya. Sayang kedua ponsel edisi google ini hanya tersedia di Amerika Serikat.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC