Uniknya OUYA, konsol game berbasis android

Persaingan industri video game semakin hari semakin menarik. Saat ini ada tiga perusahaan besar yang berebut dalam pasar permainan video, yakni Nintendo dengan produk terbarunya, Wii U, Microsoft yang akan mengeluarkan Xbox One, serta Sony dengan Playstation 4 yang akan keluar musim liburan 2013 nanti.

Namun dibalik kesuksesan tiga raksasa tadi, munculah sebuah gagasan dimana bermain game harusnya simpel dan murah. Berawal dari gagasan tadi muncullah OUYA, sebuah konsol murah berbasis android. Dengan harga mulai dari $99 atau sekitar Rp 1jutaan saja kalian bisa membawa konsol game ini. Menarik!

Para publisher konsol besar tadi sangat takut akan maraknya pembajakan. Saat ini playstation 3 dan xbox 360 sudah tersedia edisi bajakannya. Padahal perusahaan konsol tersebut sudah memperingatkan bahwa membajak konsol tadi adalah perbuatan yang ilegal.

Namun, OUYA lain. Mereka memiliki prinsip dimana semua gamer bisa mengoprek konsol ini sesuka hati. Konsol ini memberikan built developer yang bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian. Bahkan di website resminya, OUYA jelas-jelas mencantukan kalimat ‘Hackers Welcome’. Sebuah pilihan yang menarik bagi kalian yang doyan mengutak-atik gadget.

OUYA menyediakan slot kabel HDMI untuk kualitas gambar HD di televisi kalian. Uniknya, OUYA berjalan pada sistem operasi Android. Sudah dapat dipastikan konsol ini akan menjadi konsol yang bisa semua orang akses. Tersedia juga fasilitas wifi untuk mendownload koleksi game yang tersedia, mulai dari game simpel hingga emulator konsol game terkemuka seperti emulator PSX dan Nintendo N64.

Belum lagi pilihan game yang tersedia, cukup variatif dan menyenangkan. Memang tidak sebagus game besutan developer terkenal, yang pasti OUYA ini juga terbuka pada indie game developer. Kamu punya project game yang menarik? Mungkin OUYA bisa menjadi rekanan kalian!

Di dalam packagingnya terdapat sebuah kertas bertuliskan ‘Thank You For Believing’, menandakan rasa terimakasih kepada kalian yang telah percaya kepada konsol game indie ini.

Bentuk konsolnya ringkas, hanya sebesar rubix cube. Ditemani sebuah kontroler yang unik, OUYA siap kalian bawa pulang dengan harga $99. Saat ini kalian bisa memesannya melalui amazon.com

Keuntungan lainnya adalah banyak game gratis yang siap kalian download sepuasnya. Saat ini hampir ada 300 game yang terdaftar di websitenya, dan yang pasti akan terus bertambah apabila konsol ini terjual banyak.

Sebagai konsol yang friendly, OUYA menyediakan developer kit dan developer portal dimana para gamer bisa berpatisipasi membangun OUYA untuk lebih maju. Dengan mendownload developer kit yang tersedia di website ouya.tv kalian bisa bergabung dengan para developer lainnya, serta menjadi terkenal apabila hasil pekerjaan kalian menarik hati gamer lainnya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC