Tips mengindari bahaya smartphone

Anda kecanduan bermain smartphone? ada banyak hal yang merugikan jika terus menerus bermain smartphone menjelang tidur. Diantaranya bisa menganggu siklus tidur, tubuh mejadi cepat lelah karena kurangnya istirahat, dan mudah terserang penyakit

Berdasarkan data National Sleep Foundation,  pekerja kantoran dan remaja menduduki peringkat tertinggi akan resiko gangguan tidur

Cemas dengan efek dari penggunaan smartphone. Dr. Martin Blank dari Departemen Fisiologi dan Seluler Biofisika Columbia University. Mereka mengumpulkan sekelompok tim untuk membahas risiko ponsel dan perangkat nirkabel lainnya dengan PBB.

Mereka menyebutkan bahwa perangkat nirkabel dapat memancarkan radiasi yang memicu tumor dan kanker dalam jangka panjang. Perangkat tersebut juga mengakibatkan candu bagi anak-anak.

Untuk dapat menghindari hal tersebut, mereka menyarankan sejumlah tips aman menggunakan smartphone yang dilansir dari Dailyhealthpost:

1.Hindari pemakaian sebelum tidur
Kurangi penggunaan perangkat elektronik setidaknya 2 jam sebelum tidur. Cara ini dapat meminimalisir risiko hormon melatonin berkurang.

2.Olahraga malam
Olahraga malam dapat mengalihkan keinginan untuk menggunakan perangkat elektronik. Bisa dengan yoga, atau aktivitas lain seperti mandi sebelum tidur atau membaca lebih disarankan.

3.Download aplikasi filter merah
Beruntung bagi pengguna smartphone yang sudah tersedia fitur filter merah. Atau download aplikasi filter merah, kemudian aktifkan saat sore hingga malam untuk menurunkan kecerahan layar.

4.Jauhkan semua perangkat menjelang tidur
Saat menjelang tidur, lebih aman jauhkan semua perangkat elektronik dari ranjang. Hal itu bertujuan untuk menghindari paparan radiasi selama istirahat.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC