iPhone 5S kian ramai dibicarakan, apa saja sih kelebihannya?

Setelah perilisan iPhone 5 pada september 2012 yang lalu nampaknya tidak terlalu banyak kabar menarik dari pihak apple mengenai produk smartphone populer ini. Memang sih Januari lalu sudah terdengar kabar kalau Apple bakal merevisi produk tablet dan smartphone mereka, yakni iPad Mini 2 dan iPhone 5s. Dengan menggadang-gadangkan berita resolusi layar yang semakin tinggi, kabar itu tidak terlalu membantu penjualan produk tadi.

Tiga bulan pasca perilisan iPhone 5, saham Apple merosot. Dikabarkan bahwa apple menderita kerugian hingga $30 milyar pada akhir 2012. Salah satu faktor mengapa runtuhnya pendapatan apple adalah melesetnya penjualan iPhone dari rencana penjualan, yakni hanya terjual 5 juta unit dari target awal 10 juta unit. Meski begitu, iPhone tetap menjadi produk smartphone terlaris di Amerika Serikat.

Kembali pada rumor iPhone 5S, dikabarkan bahwa produk smartphone andalan apple ini akan berjalan pada sistem operasi iOS 7. Dipersenjatai dengan kamera 13-megapixel bestuan Sony membuat apple makin terlihat serius untuk bersaing menggempur pangsa pasar android yang kian menggurita. Dikabarkan bahwa lampu flash LED yang digunakan juga akan lebih baik dari pendahulunya.

iPhone 5s memiliki code name n51 dan n53. Bentukannya tidak terlalu berbeda jauh dari iPhone 5, hanya saja layarnya dikabarkan mengalami perubahan melalui peningkatan resolusi dari 1136×640 px menjadi 1704x960px. Kedalaman warna layar pun menjadi lebih besar, dari 326 PPI menjadi 465 PPI. Ukuran laya kian membesar, meningkat dari 4.0″ menjadi 4.2″.

Berhubungan dengan iOS 7, dikabarkan bahwa terdapat update dual-shot, yakni fitur untuk mengambil gambar dan video secara bersamaan melalui kamera depan dan belakang. Fitur ini memang sudah diterapkan pada dua handphone android besutan dari negara korea selatan, yakni Samsung Galaxy S4 dan LG Optimus G Pro. Fitur ini memang masih dalam masa percobaan dan kabarnya hanya iPhone 5S menerapkan fitur unik ini, karena memang kamera depan dari iPhone 5S sudah ditingkatkan menjadi 2-megapixel.

Update dari pendahulunya ini diharap bisa menjadi perubahan yang berarti bagi Apple mengingat dengan persaingannya melawan gempuran smartphone android yang mulai muncul selama mei 2013, seperti HTC One, Samsung Galaxy S4 dan LG Optimus G Pro. Market share Apple pun kian terhimpit oleh produk lain. Saat ini android menguasi penjualan smartphone hingga 75% di seluruh dunia. Dikabarkan bahwa tiap hari 1,5 juta orang mengaktivasi Android baru setiap harinya. Tentu ini menjadi momok bagi apple atas penjualan produknya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC