Ini cara mudah membedakan Wifi Gratisan Aman atau Tidak

Jika kalian kehabisan kuota internet ditempat umum jangan khawatir. Sebab kini sudah banyak fasiilitas yang menyediakan wifi gratisan. Namun menggunakan wifi gratis di tempat umum akan menimbulkan pertanyaan. Apakah jaringan Wifi ini aman atau tidak aman, dan banyak orang juga yang mempertanyakan hal tersebut.

Mengutip dari Security Advocate Consumer Business Unit Symantec, Nick Savvides, mengatakan bahwa memang sangat sulit untuk membedakan jarngan Wifi yang tersedia aman atau tidak aman. Bahkan tidak ada cara khusus untuk bisa mengidentifikasi apakah wifi ditempat umum tersebut aman atau tidak.

Namun ia menambahkan, bahwa ada satu cara untuk melihat jaringan Wifi tersebut aman digunakan atau tidak. Ia menjelaskan bahwa setiap smartphone yang terkoneksi dengan Wifi makan secara otomatis akan muncul pemberitahuan yang menyaakan tingkat keamanan jaringan, seperti jaringan “secure” atau “not secure”

Sebagai pengguna yang cerdas, tentu kita jangan pernah mengabaikan peringatan keamanan pada wifi yang muncul di perangkat, jika sudah ada pernyataan tidak aman, seharusnya  kita sudah tidak langsung menghubungkan perangkat ke wifi tersebut.

Selain itu, Savvides juga menambahkan, untuk melindungi data dari kejahatan cyber dengan wifi, kini Symantec sudah mempunyai layanan Norton Wifi Privacy. Layanan ini berbentuk VPN (Virtual Private Network) yang melindungi beragam data pengguna seperti password, dan akses penting lainnya didalam smartphone anda

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC