Daftar Fitur Telegram Messenger Ini Bikin Kamu Gak Mau Whatsappan Lagi

Aplikasi chatting menjadi salah satu kebutuhan bagi para pemilik smartphone akhir akhir ini, bahkan bisa dibilang tanpa chatting satu hari hidup menjadi tak bermakna, sungguh unik jika dibandingkan dengan kebiasaan sosial manusia awal millenium lalu. Untuk itu demi memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone, beberapa vendor aplikasi membuat aplikasi chatting / messengernya masing masing, yang terpopuler di kalangan Indonesia saat ini adalah Whatsapp, BBM dan satu lagi juga yang tidak asing lagi yaitu Telegram Messenger, dari karakteristik tampilan dan fitur, Telegram menjadi salah satu yang sangat mirip dengan Whatsapp, tetapi mungkin banyak dari anda yang masih belum tahu bahwa Telegram memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh Whatsapp setidaknya sampai saat ini. Apa saja fitur itu? Yuk kita lihat.

  1. Telegram dari awal Selalu Gratis
    Sejak awal kemunculannya Telegram sudah gratis digunakan oleh siapa saja, meski saat ini Whatsapp sudah gratis selamanya, tetapi Whatsapp pernah memberlakukan tarif kepada pelanggannya berbasiskan biaya bulanan dan tahunan.
  2. Telegram mampu mengirim chat lebih cepat
    Para pengguna Telegram sudah membuktikan bahwa pengiriman pesan dengan Telegram sangat cepat bahkan di jaringan 2G (GPRS/EDGE) karena fitur dari Telegram yaitu pesan berbasiskan cloud. Jadi anda juga tidak perlu kuatir dengan storage phone, karena semua pesan termasuk emoticon dll tersimpan dalam server.
  3. Ukuran Telegram di storage dan RAM sangat kecil
    Ukuran aplikasi Telegram saat ini di Android hanya belasan mega saja, dan sangat smooth dijalankan di device bahkan dengan RAM hanya 512 pun.
  4. Telegram support Real MultiPlatform
    Telegram dan Whatsapp sendiri memang bisa dijalankan di PC aatau smartphone, tetapi Telegram memiliki client native sendiri untuk berbagai platform, dan bisa dijalankan pada salah satunya atau di semua device langsung, tidak seperti Whatsapp yang memerlukan smartphone tetap terinstall dan terkoneksi internet saat menggunakan Whatsapp di PC.
  5. Sharing file dengan ukuran Besar
    Ini adalah kelebihan utama dari Telegram yang menjadi incaran para penggunanya karena Telegram mampu mengirimkan file dengan batas maksimal mencapai 1,5GB dan jenis filenya boleh apa saja tidak dibatasi, sehingga para pecinta gadget khususnya forum Android ramai ramai membentuk grup di Telegram karena bisa sharing tips trik android dan filenya langsung di grup Telegram . Sedangkan Whatsapp hanya sebatas pengiriman file dokumen itu pun tidak lebih dari 16 MB.
  6. Kapasitas Grup yang Besar
    Telegram memiliki jumlah kapasitas grup yang besar, bahkan hingga hari ini bisa menampung mencapai 5000 member, dan grup besar ini fiturnya dinamakan dengan Supergroups.
  7. Hadirnya fitur Channel
    Channel sendiri menjadi primadona bagi kamu yang sering sharing berita terbaru dengan para member, dalam channel di Telegram sendiri tidak ada maksimal jumlah member alias tidak terbatas, sedangkan Whatsapp sendiri sampai sekarang belum ada fitur ini.
  8. Bot Telegram
    Bot ini adalah salah satu fitur yang dijalankan oleh suatu aplikasi (sistem di Telegram) kegunaannya adalah untuk melakukan hal hal seperti game, broadcast berita atau aktifitas apapun yang sudah di atur terlebih dahulu oleh seseorang.
  9. Kelengkapan fitur Chatting
    Chatting di Telegram sangat fleksibel karena fitur fitur yang hadir di Social Media pun turut hadir seperti Mention, Reply, Hashtag dan juga Forwards, artinya anda bisa membalas, me-mention seseorang di grup, dan juga memberikan informasi kepada orang yang belum tahu dari orang lain yang sebelumnya pernah posting.
  10. Keamanan Tingkat Tinggi
    Telegram memiliki fitur Secret Chat yang bisa hilang tanpa bekas tidak hanya di device pengguna, tetapi juga di server Telegram itu sendiri.Dari keunggulan diatas, manakah yang kamu suka dan buat kamu ingin berpaling dari Whatsapp menjadi pengguna Telegram?
Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC