Cara Simpel Sharing Printer Tanpa Ribet

informasi cara sharing printer di jaringan

Sharing printer memiliki arti yaitu berbagi menggunakan satu printer untuk dua PC hingga 10 PC atau laptop via Jaringan Locar Area Network (LAN). Sharing printer memiliki banyak keuntungan karena bisa menghemat jumlah printer dan membuat ruang kerja lebih rapi. Prinsip sharing printer ini semua komputer atau laptop yang tersambung harus berada pada jaringan yang sama.

Cara Sharing Printer cukup mudah, segala tipe dan merek printer bisa di sharing melalui jaringan LAN. Untuk dapat melakukan sharing printer, setidaknya harus ada 2 komputer yang terhubung melalui jaringan LAN. Pastikan jika seluruh PC atau Laptop sudah disambungkan ke printer melalui kabel LAN. Dan berikut adalah sharing printer Laptop atau PC dengan Windows 7

Cara Sharing Printer Windows 7

Klik start pada pojok kiri bawah selanjutnya klik “Control Panel”. Setelah itu tekan menu “Devices And Printers” dan klik kanan pada baian layar yang kosong dan pilih opsi “Add Printer” lalu akan muncul jendela “Add Printer Wizard”. Lalu klik tombol “Next” lalu klik “a network printer, or a printer attach to another komputer” lalu klik next. Jika sudah masukan spesifikasi printer yang akan di sharing, biasanya adalah nama printer, ip address dan juga hostname komputer. Jika sudah klik tombol “Next”

Langkah selanjutnya adalah, klik “Start” pilih “Control Panel” klik Device And Printer”. Kemudian pilih printer yang akan kalian sharing. Dengan klik kanan pada printer tersebut, lalu pilih “Printer Properties” Kemudian akan terbuka windows printer properties. lalu pilih Tab “Sharing”, dan klik box pada “Share This Printer” setelah itu klik “Apply” serta jangan lupa klik “OK”

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC