Cara Mengecek Kondisi Hardisk Agar Terhindar Dari Kerusakan

Cara Mengecek Kondisi Harddisk Untuk Mencegah Kerusakan – Flashdisk merupakan media penyimpanan data yang memiliki kapasitas bervariasi umumnya dalam Gigabyte (GB). Flashdisk seperti pembaruan dari disket yang dulu biasa digunakan untuk menyimpan data. Flashdisk saat ini memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi umumnya flashdisk sekarang memiliki tampilan yang unik. Karena ukurannya yang kecil, flashdisk juga rentan mengalami kerusakan.

Biasanya kerusakan flashdisk yang terjadi seperti, tidak bisa digunakan, kapasitas 0 byte meski terdeteksi oleh omputer, tidak bisa melakukan formating dan tidak terbaca di komputer. Dan berikut adalah langkah langkah menangani flashdisk yang bermasalah.

Tancapkan Ke Komputer Lain

Jika flashdisk tidak terbaca, anda jangan langsung membuangnya. Anda bisa mencoba memasangkan dulu ke komputer lain. Jika dikomputer lain flashdisk bisa terbaca maka kerusakan bukan pada flashdisknya , bisa juga kerusakan terjadi pada konektur USB atau sistem di komputer. Jika dikomputer lain tidak terbaca, maka flashdisk dipastikan rusak.

Tindakan Jika Rusak

Jika flashdisk tidak terbaca di komputer maka dipastikan flashdisk mengalami kerusakan dan tidak bisa di format. Cara cek flashdisk rusak ini juga bisa menggunakan bantuan software seperti Drive Boot Utility. Manfaatkan aplikasi tersebut unyuk formatting flashdisk . sementara untuk kerusakan lain seperti ukuran yang terdeteksi di komputer 0 byte bisa menggunan program USB repair.

Menyelamatkan data tersimpan dalam flashdisk

Menyelamatkan data yang tersimpan dalam flashdisk rusak bisa menggunakan bantuan program file recovery. Anda bisa mencoba aplikasi yang gratis. caranya cukup gambang. Anda hanya tinggal klik saja nanti aplikasi tersebut mulai melakukan scanning dan melihat data didalamnya.

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC