Akhirnya Samsung Galaxy Tab 3 Hadir Di Indonesia

Samsung akhirnya memboyong seri Galaxy Tab terbarunya ke Indonesia. Total ada tiga varian Galaxy Tab 3 yang akan disebar di Tanah Air.

Sejak diluncurkan akhir 2010 yang lalu, Galaxy Tab memang terbilang cukup sukses. Dengan produknya tersebut Samsung mengukuhkan bahwa mereka juga bisa bermain di pasar PC Tablet yang sebelumnya diisi dengan kesuksesan iPad. iPad sendiri adalah produk tablet dari perusahaan Apple. Bahkan kini Samsung berani mengklaim bahwa merekalah pemimpin tablet Android di pasaran tanah air.

Galaxy Tab yang sebelumnya hanya populer di versi 7 inch, kini hadir dengan varian ukuran yang lebih beragam. Pada generasi ketiga ii, Samsung akan merilis tiga versi dengan jenis ukuran 7 inch, 8 inch, dan 10,1 inch.

Menurut Managing Director Samsung Electronics Indonesia, Yoo Young Kim bahwa Galaxy Tab 3 ini diciptakan berdasar kebutuhan konsumen akan layar yang kian besar.

Selain layar yang membesar, ketiga produk tersebut juga memiliki spesifikasi yang berbeda. Sebut saja Tab 3 dengan ukuran 7 Inchi. Produk ini mengusung prosesor dual core Marvel PXA986 1,2 GHz dan memori RAM 1 GB. Produk ini juga menyediakan slot kartu memori yang bisa diekspansi hingga 64 GB. Sementara itu memori internalnya sebesar 16 GB, cukup lega. Asyiknya, Galaxy Tab 3 7 inch ini terasa sangat ringan karena bobotnya hanya 306 gram dengan ketebalan 9,9 mm.

Seri ini juga dilengkapi dengan kamera belakang 3 MP dan kamera depan 1,3 MP. Soal harga, Galaxy Tab 3 akan dibanderol senilai Rp 3,5 juta.

Untuk yang versi 8 inch, spesifikasinya sedikit diatas ‘adiknya’. Produk ini dipersenjatai dengan prosesor 1,5 GHZ dan RAM 1,5 GB, dengan berat 314 gram dan ketebalan 7,4 mm. Dilengkapi kamera dengan kamera belakang 5MP dan depan 1.3 MP membuat harganya lebih mahal dari yang veri 7 invh, yakni sekitar Rp. 4,5 juta.

Varian terakhir sekaligus yang paling bongsor adalah Galaxy Tab 3 layar 10 inch, dan ini bisa dikatakan versi yang paling ngebut karena berprosesor dual core Intel Atom Z2560 1,6 GHZ dengan 4 thread. Kapasitas memorinya sama yakni 1 GB RAM dan 16 GM untuk ROM. Sedangkan dimensi produk ini memiliki ketebalan 7,95 mm. Masalah konektivitas melalui Wifi dan 3G. Untuk harga, Galaxy Tab 3 10 inch ini bakal dijual berkisar Rp. 5 juta.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC