Akhirnya Panda Selamat Dari Ancaman Kepunahan

Beberapa tahun lalu, Panda sebagai salah satu hewan eksotis dari China dinyatakan terancam punah. Menanggapi kondisi ini pemerintah China menanggapi serius untuk mengatasi permasalahan tersebut karena Panda sebagai salah satu hewan khas dari China.

Saat ini Panda tidak lagi dinyatakan terancam kepunahan, sebuah pencapaian yang fantastis untuk penyelamatan hewan yang sempat terancam punah. China yang melakukan penjagaan ketat pada panda-panda yang masih ada terbukti berhasil melindungi populasi panda sebesar dua pertiga yang berada di dunia.

Dikutip dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) menjelaskan “Sejumlah bukti dari serangkaian survei nasional menunjukkan bahwa penurunan populasi sebelumnya dapat ditahan, dan terjadi peningkatan populasi.”

“Status peningkatan itu mengkonfirmasi bahwa usaha pemerintah China untuk melindungi spesies tersebut efektif.”

Menurut laporan dari IUCN, selama kurun waktu sepuluh tahun dari 2004 hingga 2014, populasi panda raksasa telang meningkat hingga mencapai 17 persen. Saat ini perkiraan jumlah panda raksasa yang berada di alam liar di Chinda terdapat 1.864 panda dewasa. Dari laporan tersebut, diperkirakan kini total populasi panda yang berada di dunia sekitar 2.060 ekor.

Keberhasilan penyelamatan populasi panda pasti menimbulkan pertanyaan, bagaimana strategi yang diterapkan China sehingga berhasil menyelamatkan panda yang tujuh tahun lalu sempat divonis akan punah. IUCN menjelaskan bahwa keberhasilan ini karena China tidak hanya menyelamatkan panda, namun juga menyelamatkan hutan sebagai habitat utama panda.

Direktur Umum WWF, Marco Lambertini menjelaskan “Penyelamatan panda itu menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan, kepentingan politik, dan perjanjian antara komunitas lokal, jika bersatu maka akan mampu menyelamatkan satwa liar dan juga meningkatkan keberagaman hayati yang ada.”

John Robinson seorang ahli primata dari Wildlife Conservation Society menjelaskan bahwa China memperlakuakn panda dengan istimewa. Hal inilah yang menjadi kesuksesan China dalam menyelematkan panda.

Salah satu kendala dalam menangani populasi panda adalah meningkatkan populasi panda. Namun panda sendiri memiliki siklus reproduksi yang sulit dilakukan dan belum lagi panda yang memiliki kecerendungan untuk menolak dipasangkan dengan panda dari kebun binatang.

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?