Smartphone Asal Tiongkok Semakin Unjuk Gigi

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, persaingan pasar smartphone sudah semakin ketat. Produsen smartphone terus mengeluarkan produk andalannya untuk bisa bersaing. Sudah banyak smratphone yang berada di pasar saat ini. tak terkecuali smartphone asal china yang kini sudah semakin marak. Menurut laporan International Data Corporation (IDC) vendor smartphone asal negri tirai bambu tersebut sudah mendapatkan posisi penting dalam industri smartphone.

Pertumbuhan smaprthone di pasar global masih di dominasi oleh merek merek dari tiongkok. Seperti Oppo dan Vivo. Kedua merek tersebut sudah masuk dalam 5 besar vendor top dunia dan ini mengalahkan Xiaomi dan Lenovo. Smentara itu Huawei yang masih dari china berada pada posisi 3 vendor smartphone dunia.

Dari situ kita bisa melihat. Smartphone asal china memang memberikan kontribusi besar untuk pertumbuhan smartphone di pasar global Oppo dan Vivo memperlihatkan pertumbuhan pengapalan year-over-year di atas 50 persen per kuartal I 2016. Huawei mengapalkan 27,5 juta unit atau tumbuh 58,4 persen dibandingkan kuartal I 2015.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC