Alasan kenapa Google Maps Tidak Bisa Digunakan di Korea Selatan

Bagi kita di Indonesia tentu bisa dengan mudah untuk mengakses Google Maps, bahkan tidak terdapat kendala sama sekali dalam mengakses Google Maps. Namun sepertinya hal tersebut berbeda di Korea Selatan yang tidak bisa maksimal dalam menggunakan Google Maps.

Tersiar kabar jika Pemerintah Korea Selatan pernah menolak permintaan Google untuk memberikan peta detail negara tersebut. Kebijakan menolak permintaan Google itu di buat oleh beberapa komite dan lembaga pemerintahan gabungan Korea Selatan yang dipimpin oleh Kementerian Transportasi dan IT, Kementerian Urusan Luar Negeri, Kementerian Unifikasi, Kementerian Pertahanan, hingga Kementerian Perdangangan dan Kementerian Administrasi.

Hal tersebut berkaitan dengan masalah keamanan di negara tersebut. Kebijakan tersebut resmi dikeluarkan pemerintah Korea Selatan sebelumnya, dan Google sudah meminta izin pemberian peta negeri Kpop tersebut sejak tahun 2016.

Penundaan keputusan tersebut berkaitan dengan adanya pemilihar presiden Amerika Serikat pada 2016. Korea Selatan menunggu hasil pemenang pada pilpres AS dan menunggu keputusan Presiden terpilih yaitu Donald Trump sebelum akhirnya mengeluarkan keputusan penolakan permintaan peta yang di maksud

Korea Selatan yang secara teknis masih berperang dengan Korea Utara sejak gencatan senjata pada 1953 memang memiliki peraturan yang sangat ketat terkait informasi wilayah dan detailnya. Aturan yang masih digunakan saat ini yaitu tidak di izinkan peta detail negara tersebut untuk di tempatkan di server luar negeri.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC