Tips-Tips Dalam Memilih Smartphone Gaming

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan terhadap smartphone juga terus mengalami perubahan. Kebutuhan smartphone akan komunikasi, kini mulai bertambah kepada hal lainnya, salah satunya untuk gaming.

Kemajuan teknologi yang pesat serta platform-platform media yang bertebaran di masyarakat membuat game mobile sangat digemari. Kegemaran itu juga ditunjang dengan kualitas smartphone yang semakin hari semakin mengalami peningkatan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Maraknya smartphone yang beredar, terkadang membentuk sebuah keraguan dalam memilih ponsel mana yang tepat untuk game tertentu dengan biaya yang sepadan. Oleh karena itu, artikel berikut ini akan memberikan tips-tips memilih smartphone untuk keperluan game.

Berikut adalah tips-tips memilih smartphone gaming.

  1. Pilih Chipset dan GPU yang Bagus

System on Chip atau biasa disebut Chipset merupakan bagian paling penting dalam performa sebuah teknologi khususnya smartphone. Pilihlah Chipset minimal seri 7xx bagi jenis apapun agar penggunaan game lebih nyaman. Sedangkan GPU atau  Graphics Processing Unit merupakan hardware yang mengatur batas grafis sebuah smartphone. Pilihlah GPU yang sudah quad core agar tidak mengganggu grafis dan tidak menurunkan frame rate pada game.

  1. Pilih Jenis RAM yang Tepat

Dalam memilih RAM, perhatikan kapasitas dan Kecepatan RAM. Kecepatan RAM sangat dipengaruhi oleh jenis RAM. Jenis RAM terbaru adalah LPDDR yang dirancang sebagai RAM hemat daya untuk smartphone. Sedangkan kapasitas RAM juga sangat mempengaruhi performa, oleh karena itu untuk memainkan gaming khusus 3D, minimal kapasitas RAM yang dipilih adalah 3GB.

  1. Pilih Layar dan Resolusi yang Berkualitas

Lebar layar kini mulai diperhatikan oleh masyarakat pecinta game. Lebar layar sebuah smartphone sangat mempengaruhi kenyamanan dalam bermain game, khususnya game MOBA dan Battle Royal yang mempunyai banyak tombol. Oleh karena itu, pilih layar yang memiliki lebar yang cukup sehingga dapat leluasa dalam bermain game.

Selain itu, resolusi juga berpengaruh pada kenyamanan bermain game, terutama mata. Pilihlah smartphone yang sudah memiliki resolusi Full HD atau lebih tinggi sehingga kenyamanan mata dan ketajaman game dapat dirasakan lebih baik.

  1. Pilih Baterai Berkapasitas Besar dan Hemat

Baterai merupakan napas bagi game pada smartphone. Semakin besar kapasitas dan ketahanan baterai, maka semakin lama kita dalam bermain game. Oleh karena itu, pilihlah kapasitas besar yang besar dan cukup memadai serta memiliki fitur pengisian cepat.

 

Avatar