Xperia Umumkan Smartphone Terbaru Segmen Mid Range

Pada pasar smartphone di negara India menjadi salah satu pasar yang sangat menggiurkan untuk sejumlah perusahaan smartphone, tidak ketinggalan juga Sony yang pada akhir-akhir ini merilis seri smartphone di negara India. Perusahaan asal Jepang tersebut juga telah meluncurkan Xperia R1 dan R1 Plus.

Smartphone ini ialah seri smartphone compact dan juga termasuk pada salah satu smartphone budget, yang mana pada perangkat Sony tersebut juga telah diklaim bahwa seri smartphone ini hanya dirancang untuk gaya hidup orang India. Kemudian pada seri smartphone tersebut juga dimaksudkan untuk memnigkatkan gairah para calon pembeli di negara India, hal ini bertujuan agar konsumen tertarik dengan brand Sony.

Sony Xperia R1 hadir dengan mengusung layar seluas 5,2 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixel. Sementara itu smartphone ini juga ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 dan mempunyai prosesor octa core. Di samping itu, smartphone ini juga dibekali dengan pilihan memori 2 GB dan juga 16 GB yang masih dapat diperluas dengan menggunakan microSD.

Sedangkan pada Xperia R1 Plus juga dibekali dengan RAM 3 GB dan 32 GB penyimpanan internal. Kemudian yang membedakan diantara keduannya ialah hanya terletak pada konfigurasi memori saja.

Ketika melihat dari hardware yang telah diusungnya, smartphone tersebut ditujukan untuk bersaing dengan smartphone lain yakni Redmi Series milik perusahaan Xiaomi yang saat ini tengah laku keras di India. Sony juga telah melengkapi perangkatnya ini dengan kamera yang sangat bagus. Untuk kamera utama/belakang, Sony menyematkan kamera dengan resolusi 13 MP dilengkapi dengan fitur Predictive Hybrid Autofocus. Pada fitur ini menggunakan pelacakan objek serta prediksi gerak untuk fokus pada objek yang tengah bergerak.

Sementara pada kamera depan atau kamera selfir, kedua smartphone diusung dengan kamera yang beresolusi 8 MP dan ditambah sistem fokus yang tidak beda. Smartphone tersebut juga menjalankan OS Android Nougat 7.0 dan dibekali dengan daya tampung baterai sebesar 2.630 mAh. Kemudian untuk harga yang dipatok pada Xperia R1yakni INR 13.990 (Rp 2,9 juta). Sementara pada Xperia R1 Plus dibanderol seharga INR 15.990 (Rp 3,3 juta) .

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?