Wah Ada Kamera 100 Mega Pixel di China!

Seperti apa ya kemampuan dari kamera 100 megapixel? Tentu akan sangat sulit untuk dibayangkan. Sementara kita hanya bisa bertanya-tanya bagaimana rupa dan kepintarannya, para ilmuwan di Chinese Academy of Sciences (CAS) ternyata telah sukses mengembangkan kamera dengan kemampuan sekelas monster ini.

Menurut tim CAS, penemuan ini akan menjadi kamera buatan China yang memiliki teknologi pixel tertinggi. Nama kamera itu adalah IOE3-Kanban. Dikembangkan oleh divisi Institute of Optics and Electronics CAS. Kekuatannya tidak tanggung-tanggung, dengan megapixel yang super besar, IOE3-Kanban akan menghasilkan foto dengan besar 10.240 x 10.240 pixel. Ngeri!

Ditanamkan juga kemampuan HDR alias high dynamic range, sehingga kamera ini bisa dipakai untuk pencitraan resolusi tinggi melalui pemetaan udara, pemantauan bencana, sistem transportasi terpadu hingga perencanaan tata kota. Dilengkapi dengan sistem optik ultra canggih, sistem kontrol kamera yang kompak serta sistem perekaman data berkapasitas tinggi akan membuat kamera ini menjadi penemuan yang bisa digunakan untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Penemuan ini tentu akan menjadi suatu sarana yang bisa diaplikasikan pada macam-macam keperluan. Contohnya adalah masalah kemacetan yang terjadi di ibukota. Dengan kemampuan supernya, kamera ini bisa membantu polisi lalu lintas memantau kemacetan yang biasa terjadi, sehingga pemecahan masalah soal kemacetan ini bisa dipelajari melalui gambaran kamera tadi.

Selain itu, kamera ini juga akan diaplikasikan pada pemantauan bencana alam. Mengingat sering terjadinya bencana di Indonesia, kamera ini juga bisa menjadi salah satu solusi. Dengan kamera canggih ini, pemantau bencana bisa melihat dari jarak yang jauh. Nah dengan penglihatan jarak jauh, saat bencana masih berada jauh, pemantau ini bisa langsung mengingatkan warga sekitar bahwa akan terjadi bencana dalam waktu dekat.

Dalam pengujian untuk kepentingan sistem pencitraan udara jarak jauh, kamera ini dikatakan cukup sukses. Namun belum ada keterangan yang pasti kapan teknologi ini akan dipasarkan dan bisa dinikmati khalayak ramai. Meski begitu CAS akan terus mengemambangkan kemampuan kameranya agar menjadi semakin canggih. Dengan begitu akan bertambah lagi kepintarannya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC