Wah, ada BlackBerry Z10 Android di China!

China memang terkenal sebagai pusatnya barang tiruan. Segala macam hal ditiru mulai dari peralatan elektronik, mobil, hingga yang sedang populer saat ini, smartphone. Banyak yang beranggapan bahwa China adalah gudangnya barang tiruan. Dan tampaknya anggapan tersebut ada benarnya melihat sangat bannyaknya produk ponsel tiruan terkemuka.

Salah satu produk yang tidak liput dari contekan desainnya adalah produk andalan dari BlackBerry, yakni BlackBerry Z10. Tiruan dari perangkat komersil Blackberry 10 pertama ini sempat muncul dan ditawarkan di situs lelang eBay.

Uniknya, perangkat ini tidak memakai sistem operasi Blackberry 10, tapi malah menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Spesifikasi yang dimilikanya tidak sekuat milik barang aslinya. Produk palsu ini hanya dipersenjatai oleh prosesor 1 GHz, RAM 256 MB, kamera 2 megapiksel dan bentang layar 3,5 inch dengan resolusi 800 x 400 piksel. Produk abal-abal ini juga mendukung penggunaan dua kartu operator, jaringan quad-band GSM 850/900/1800/1900 MHz, ditambah dengan fasilitas jaringan WiFi.

Sementara itu spesifikasi BlackBerry Z10 asli menggunakan prosesor Snapdragon MSM8960 1,5 GHz dual-core, RAM 2 GB, kamera 8 megapiksel dan layar 4,3 inci dengan resolusi layar 768 x 1280 piksel.

Harga yang ditawarkan untuk produk abal-abal asal negeri tirai bambu tersebut pun tidak terlalu tinggi. Terakhir, produk tersebut hanya menyentuh angka 56 dollar AS atau sekitar Rp. 560 ribu. Saat ini BB z10 Android tersebut sudah hilang dari situs eBay, nampaknya sudah ada yang membeli produk abal-abal tersebut.

Sebelumnya, telah beredar berbagai produk tiruan asal China dari ponsel pintar model teranyar. Salah satunya adalah HDC One. Produk buatan perusaan bernama HDC ini sempat mengcopy produk HTC One. Ada-ada saja.

HDC memang terkenal sebagai salah satu vendor ponsel tiruan, mereka kerap kali mengcopy model-model handset favorit seperti Samsung Galaxy S3 dan dua smartphone HTC lainnya, HTC One S dan HTC One X.

Bagaimana, apa anda tertarik dengan produk abal-abal ini? Coba saja searching di toko online terkemuka macam eBay dan Amazon, siapa tahu anda bisa kebagian produk ini. Tapi jangan harap kualitas yang bagus ya, biasanya produk kopian seperti ini tidak terlalu bagus materialnya.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC