Trio iPhone Terbaru Sudah Lolos TKDN

Sejak maraknya perangkat Android yang didatangkan dari luar negeri, pemerintah Indonesia mengambil sikap dengan cara membuat regulasi TKDN, singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri. Segala jenis perangkat smartphone terutama berbasis 4G yang masuk ke Indonesia harus memenuhi tingkat komponen yang diproduksi dalam negeri. Jika tingkat komponen perangkat yang didatangkan dalam negeri tidak berasal dari dalam negeri, tentu saja pemerintah akan melarang perangkat tersebut beredar di pasaran.

Hal ini juga berlaku pada flagship terbaru dari Apple yaitu trio iPhone yang baru dari mulai iPhone 8, iPhone 8 plus dan iPhone X. Produk smartphone yang berasal dari negeri Paman Sam tersebut tak luput dari regulasi TKDN. Jika produk terbaru tersebut dapat didistribusikan secara legal di Indonesia, maka harus memenuhi TKDN.

Dikutip dari Detiknet, I Gusti Putu Suryawirawan selaku Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika dari Kementrian Perindustrian, menjelaskan bahwa ketiga produk smartphone besutan Apple terbaru tersebut telah memenuhi syarat TKDN. Dengan kata lain Apple secara resmi telah memiliki izin untuk memasarkan iPhone 8, iPhone 8 plus, dan iPhone X di pasar Indonesia.

“Ada beberapa model yang didaftarkan untuk jadi bagian investasi Apple di Indonesia, termasuk iPhone X,” terang Putu setelah pengumuman pemenang Indonesia Next Apps 4.0 yang dihelat di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Meskipun sudah memenuhi syarat TKDN, Putu menjelaskan bahwa tidak mengetahui kapan iPhone terbaru dari Apple tersebut akan mulai di pasarkan. “Waduh, kalau itu bukan saya yang tahu.”

Memang masalah penjualan ke pasar sudah masuk keranah distributor resmi dari Apple. Entah kapan akan dilaksanakan peluncuran resmi ketiga iPhone terbaru tersebut di pasar Indonesia. Namun bisa dipastikan, perkiraan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini,sekitar awal Desember paling lambat.

Sebelumnya smartphone terbaru dari Apple tersebut sudah resmi diumumkan pada 12 September yang lalu. Namun pemasarannya berbeda antara iPhone X dengan iPhone 8 dan iPhone 8 plus. Smartphone iPhone X akan dipasarkan pada 3 November bulan depan sedangkan iPhone 8 dan iPhone 8 plus sudah dipasarkan sejak 22 September lalu.

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?