Tiongkok Terus Berambisi Ciptakan Kereta Peluru 400 km/jam

kereta cepat dari tiongkok

Laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok terus melesat. Hal tersebut terlihat dari pembangunan infrastruktur yang terus meningkat di negeri tirai bambu tersebut. saat ini Tiongkok masih terus berambisi untuk menciptakan kereta peluru generasi peluru yang diklaim mampu menembus kecepatan 400 Km/jam. Rencananya kereta ini akan bisa dipasarkan pada tahun 2020. Pembuatan kereta ini bertujuan untuk bisa mendukung konektifitas dikawasan satu ikatan dan satu jalan (Belt and Road)

Menurut keterangan teknisi senior CRRC Changchun Railway Vehicles Co, Qiao Feng menjelaskan, dalam proses pembuatan kereta super cepat ini akan menggunakan material baru sebagai riset dan produksi kereta cepat untuk masa depan. Sehingga serat karbon dan alumunium akan mengurangi beban kereta dan membuat kereta cepat menjadi irit bahan bakar.

Kereta terbaru tersebut akan ada dipasaran kawasan Belt and Road yang membentang mulai dari Eropa Timur Hingga Asia Tenggara untuk tiga tahun mendatang tepat nya di tahun 2020.

Kereta cepat tersebut diklaim bisa mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 10% dibandingkan dengan kereta cepat yang sudah beroperasi di Tiongkok dengan keepatan maksimum 350 km/jam. Nantinya Pihak CRRC akan memproduksi sendiri kereta cepat tersebut sekaligus mengekspornya.

Dengan kehadiran kereta cepat tersebut diharapkan bisa membantu negara negara dengan jumlah penduduk padat dalam mengatasi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan pribadi.

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC