iPhone X Laris, Samsung Mendulang Untung

Berapa waktu lalu Apple baru saja merilis smartphone andalannya yang terbaru yaitu iPhone X. Tentu saja dengan fitur dan kualitas yang serba mewah, iPhone X berhasil menarik minat para Apple fanboys untuk segera memilikinya. Kini iPhone X laris manis diburu para peminatnya.

Dari kesuksesan penjualan iPhone X, Lembaga riset pasar internasional yang bernama Counterpoint Technology Market riset justru memiliki prediksi yang tidak biasa. Prediksi tersebut adalah jima iPhone X semakin laris di pasaran, pihak yang paling banyak menikmati keuntungan justru bukanlah Apple melainkan Samsung. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan iPhone X justru lebih banyak dari pada keuntungan penjualan dari produk Samsung sendiri yaitu Galaxy S8.

Hal ini mungkin terjadi mengingat, beberapa komponen dari iPhone X diproduksi oleh Samsung. Oleh karena itu karena Samsung sebagai pemasok bahan utama, setiap keuntungan unit tersebut memberikan keuntungan juga kepada Samsung.

Komponen dalam unit iPhone X bukan hanya layarnya saja dengan teknologi OLED yang diproduksi oleh Samsung. Namun dalam unit iPhone X terdapat beragam komponen-komponen kecil lainnya yang juga diproduksi oleh Samsung. Analisis dari Counterpoint Technology Market Research menghitung berapa kisaran harga seluruh komponen tersebut. Dari perhitungan tersebut adalah Samsung mendapatkan pendapatan hingga $ 110 atau sekitar Rp 1,5 juta untuk setiap unit iPhone X yang berhasil dijual.

Jika dihitung secara keseluruhan, lembaga riset tersebut memprediksi bahwa 130 unit iPhone X akan laku dipasaran hingga pertengahan tahun 2019 yang akan datang. Berarti setiap penjualan unit iPhone X akan meningkatkan pendapatan dari Samsung hingga nomina $ 14,3 milliar jika dirupiahkan mencapai Rp 194,1 triliun.

Nominal tersebut belum ditambahkan dengan hasil penjualan produknya sendiri. Produknya jagoannya sendiri yaitu Galaxy S8 memberikan keuntungan pada Samsung dari hasil penjualan komponen. Sejak 20 bulan diluncurkan di pasaran sudah 50 juta unit terjual. Dari total seluruh unit yang terjual tersebut Samsung sudah memperoleh keuntungan hingga $ 202 setiap unitnya sehingga totalnya adalah sekitar $ 10,1 atau setara dengan Rp 137,1 triliun.

 

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?