Ingin Penggunanya Mudah Menyimpan Cuitan Orang, Twitter Segera Rilis Fitur Baru

Persaingan pengguna media sosial nampak semakin sengit. Demi mempermudah penggunaan dan menarik perhatian pengguna, berbagai media sosial berlomba menawarkan fitur dengan menjanjikan kemudahan dan juga kenyamanan. Seolah tak ingin tersaingi dengan media sosial lain, Twitter sedang gencar memberikan fitur dan pelayanan terbaik untuk penggunanya.

Baru-baru ini, dikabarkan Twitter sedang mempersiapkan fitur baru yang dinamai dengan ‘Save for Later’. Nama fitur ini sejalan dengan fungsinya, yaitu untuk mempermudah pengguna dalam menyimpan dan membaca kembali cuitan-cuitan yang diinginkan.

Kabar ini datang dari Twitter Product Manager yang bernama Jesar Shah. Jesar Shah menyampaikan bahwa Twitter sedang dalam proses mengembangkan Save For Later dan mengunggah prototypecara penggunaan fitur barunya tersebut. Berdasarkan prototypeyang diunggahnya tersebut, nampaknya penyimpanan cuitan dengan lebih mudah yang dimaksud adalah sejenis dengan penyimpanan ke bookmark.

Penyimpanan tweet sebenarnya sudah bisa dilakukan sebelum dikembangkannya Save For Later. Caranya adalah dengan memberikan tanda love pada cuitan dan dapat pula dilakukan dengan cara melakukan pengiriman pesan pribadi atau dsering disebut dengan DM. Karena memberikan tanda love dan juga mengirim DM, tentu pemilik cuitan akan menerima notifikasi atau pemberitahuan. Sehingga pemilik cuitan mengetahui jika cuitannya disimpan oleh orang lain.

Namun fitur baru ini memiliki perbedaan dengan cara penyimpanan yang sebelumnya. Save For Later dirancang khusus untuk mempermudah penyimpanan dan menjadikan penyimpanan ini lebih bersifat pribadi. Saat pengguna menyimpan cuitan orang lain, maka sang pemilik cuitan tidak akan mengetahui dan tidak akan ada notifkikasi jika cuitannya disimpan oleh orang lain.  Penyimpan cuitan difasilitasi dengan kemudahannya sedangkan pemiliki cuitan difasilitasi dengan tidak adanya notifikasi yang jika dalam jumlah banyak tentu akan mengganggu.

Sebelumnya, Twitter juga diketahui memberikan fitur terhadap penggunannya dengan menambah jumlah karakter isi cuitan yang mulanya hanya 140, sekarang menjadi dua kali lipatnya, yaitu 280. Tak hanya itu saja, pengguna juga sudah dapat mengedit cuitan yang salah namun sudah terlanjur diunggah. Meskipun banyak fitur yang telah diperbaharui, namun nyatanya fitur ini masih tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?