DJI Luncurkan Kamera Baru Dengan Bekal Sensor Super 35

 

Belakangan para pengguna Zen MuseX5 yang tidak puas dengan sensor micro four third, namun kini DJI telah merilis Zenmus X7 yang dibekali dengan sensor Super 35. Kamera pada X7 tersebut juga dikatakian oleh DJI sebagai kamera Super 35 pertama yang telah dioptimasi dengan Aerial Cinematography. Seperti halnya dengan X5, kamera terbaru DJI tersebut telah didesain khusus pada Inspire 2, kemudian pada sistem kamerannya juga dapat diganti-ganti seperti dengan X3, X6 dan juga X7.

Sementara pada sensor Super 35 yang dipakainnya tersebut dapat merekam video 6K Cinema DNG RAW, 5,2 K Apple ProRes dengan frame rate 30 fps. Tidak hanya itu, kamera super tersebut juga bisa merekam video 3,9 K Cinema DNG RAM atau sama dengan 2,7 K ProRes dengan frame rate 59,94 fps.

Ketika berbicara mengenai dynamic range, kamera X7 tersebut mempunyai rentang yang paling tinggi, hingga mencapai 14 stop. Rentang tersebut lebih tinggi daripada X5, sebab pada ukuran sensor dianggap lebih besar. Hal tersebut menjadikan X7 tersebut dapat merekam pada saat kondisi yang kontrasnya tinggi, contohnya bayangan yang ada di daratan dan cahaya yang ada di langit.

 

 

Dengan menggunakan format sensor yang baru tersebut, X7 pastinya membutuhkan lensa yang paling anyar. Distu DJI beruntung, sebab produsen tersebut juga meluncurkan empat lensa baru sekaligus. Bahkan keempatnya dapat digunakan di mounting DL yang digunakan pada X7. Diantara empat lensa tersebut yakni lensa 16 mm (dilengkapi dengan filter ND 4), lensa 24 mm, lensa 35 mm, dan lensa 50 mm yang disemati fitur shutter mekanik.

Sementara itu dalam mempermudah dalam mengolah video, produsen DJI juga meluncurkan sistem yang terbaru dan diberi nama DJI Cinema Color yang dilakukan untuk color grading. Sistem tersebut juga sangat kompatibel dengan DJI X5S. Walaupun pada sensornya yang dibilang berat, namun pada bobot X7 dengan lensa 16 mm tersebut masih dianggap ringan, tepatnya hanya 631 gram. Harga Zenmuse X7 tersebut dipatok dengan banderol USD 2.700 dan akan dipasarkan mulai awal November 2017.

 

 

Intan Pratiwi
Seorang penulis aktif seputar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, penulis review, oprek dan update seputar gadget terbaru setiap harinya. Siapa bilang cewek itu kudet dunia teknologi?