Cara Mudah Cek Keaslian Android

Semakin canggihnya kemajuan teknologi ponsel saat ini membuat banyak oknum nakal yang memanfaatkannya untuk membuat replika atau tiruan dari samrtphone merek tertentu. Smartphone tiruan ini kemudian dijual dengan harga yang murah. Bahkan ada juga pihak pihak yang tidak ragu untuk melakukan rekondisi smartphone rusak untuk kemudian dijual kembali sebagai sebuah smartphone baru.

Biasanya hal tersebut sering terjadi pada smartphone Samsung yang paling banyak tiruannya. Sehingga sangat penting untuk bisa memahami cara cek android sebelum anda membeli sebuah smartphne, baik baru ataupun bekas.

Cara Cek keaslian Android terutama untuk melakukan cek pada Nomor IMEI pada android bisa dengan melakukan panggilan ke Nomor *#06# dari ponsel android akan muncul No IMEI. Lalu catat No IMEI tersebut untuk pengecekan selanjutnya.

Selain itu, untuk melihat No IMEI juga bisa dengan cara mengakses menu setting kemudian pilih “abaout phone”. Lalu klik “status” lalu pilih “IMEI”. Jika sudah, kita perlu melakukan pengecekan keaslian perangkat android anda.

Kita bisa memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Website NumberingPlans.com. kita hanya perlu memasukan no IMEI kedalam kolom Enter IMEI Number below. Jika sudah, tekan tombol “Analyse” maka akan muncul data lengkap mengenai smartphone anda, akan tampil model perangkat, vendor pembuat hingga sampai tanggal penjualan.

 

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC