Apple Hapus Aplikasi Buatan Iran Untuk App Store

Belum lama ini dikabarkan Apple sudah menghapus Aplikasi iOS buatan Developer dan Startup asal Iran di App Store miliknya. Hal ini tentu sangat mengejutkan, karena sebelumnya di Bulan September 2016 lalu,  Apple resmi memberikan akses App Store untuk para pembuat aplikasi.

Kini informasi yang beredar menyebutkan bahwa, salah satu aplikasi yang dihapus adalah aplikasi E-Commerc Digikala yang sedang naik di Iran dan mempunyai jutaan pengguna. Aplikasi tersebut dihapus pada beberapa hari lalu, walaupun hanya menggunakan sistem pembayaran lokal bernama Shaparak. Aplikasi tersebut tidak terhubung dengan pembayaran Internasional.

App Store sendiri sebetulnya tidak masuk ke Wilayah Iran. Namun banyak Developer asal Iran yang Regritasi Aplikasi mereka di Luar negeri agar bisa masuk ke Toko aplikasi apple Tersebut.

Selain itu, bank di Iran juga sudah banyak yang memiliki aplikasi untuk platform iOS yang dipasang ke iPhone dengan menggunakan side-loading, tanpa perlu App Store atau jailbreak. Bukan hanya menghapus aplikasi buatan Iran, Apple juga menolak aplikasi yang diajukan dari Iran

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC