2017, Google Play Service Tidak Ada di Android Gingerbread

Bagi anda pengguna Android tentu masih ingat dengan Operating System (OS) Android 2.3 Gingerbread. Ya, OS ini pertama kali muncul pada tahun 2010, dan kini OS tersebut sudah malang melintang selam 6 tahun. OS Gingerbread merupakan OS yang sering digunakan oleh setiap smartphone pada saat ini. namun kini walapun banyak Smartphone yang sudah menggunakan OS terbaru, namun Google Play Service masih mendukung untuk Gingerbread.

Kini pengguna OS Gingerbread masih bisa mendapatkan pelayanan dari google Service. Namun perlu diketahui, tahun 2017 nanti Google tidak lagi mendukung Service untuk pengguna Gingerbread. Google telah resmi mengumumkan bahwa tidak lagi ada dukungan layanan Service untuk Android 2.3 Gingerbread.

OS Gingerbread yang mendapatkan pelayanan service dari Google yaitu Versi 10.0.0 sementara untuk yang terbaru versi 10.2.0 sudah tidak mendukung untuk OS 2.3 tersebut. layanan Google Play service di 2017 hanya akan mendukung bagi pengguna OS 4.0.1 Cream Sandwich sampai 7.0 Nougat. Kebijakan ini mulai diterapkan pada awal tahun 2017.

Alasan google menghentikan dukungan kepada OS Gingerbread karena kini para perusahaan smartphone sudah banyak yang menggunakan OS terbaru dan sudah tidak lagi menggunakan OS Gingerbread. Selain itu Pengguna OS Gingerbread pun terus berkurang sehingga Google tidak lagi mendukung layanan terhadap OS 2.3 Gingerbread

Burhan Simorangkir
Gamer kelas berat, tak lengkap satu hari tanpa nge-game, juga blogger yang aktif menulis artikel dunia gaming mobile, konsol atau PC